Ternyata, Ini Ucapan Lebaran Terbaik Saat Idhul Fitri

Ucapan lebaran termasuk salah satu cara seseorang mengungkapkan kebahagiaan dalam menyambut hari raya idhul Fitri. Seseorang bisa menyampaikan ucapan lebaran secara langsung saat bersilaturrahmi atau di media social, BB, Line, SMS, atau melalui media lainnya.(Jangan buang Biji Kurma, Ini manfaatnya)
Ucapan lebaran di media social biasanya disampaikan dengan berbagai cara yang unik dan menarik, misalnya : ucapan melalui pantun serius, ucapan bergambar unik, ucapan berupa puisi, maupun kata plesetan lucu.  Seru sich, tapi kira-kita ada manfaatnya nggak? Atau hanya sekedar seru-seruan atau lucu-lucuan tanpa makna. (Mengerikan, Ini Efek buruk Diabetes Jika Tidak diobati)
Daripada bingung, bagaimana kalau kita mencontoh apa yang sudah dilakukan sejak zaman Rasulullah? Ternyata para sahabat Rasulullah biasa memberikan ucapan selamat kepada sesama. Ucapan lebaran tersebut memiliki makna baik loh, ingin tahu seperti apa? Ini dia…
Taqabbalallahu minaa wa minkum
Artinya : Semoga Allah SWT menerima amal kami dan amal Anda
Hal itu sebagaimana dalam hadits berikut :
Dari Jubair bin Nufair, ia berkata, “Dahulu para sahabat Nabi shalallahu’alaihi wasallam mengucapkan ‘Taqabbalallahu minna wa minkum’ ketika saling bertemu di hari Idul Fitri.” Al-Hafidz (Ibnu Hajar) berkata tentang riwayat ini, “Sanadnya hasan.”
Imam Ahmad rahimahullah berkata, “Tidak mengapa (artinya: boleh-boleh saja) satu sama lain di hari raya ‘ied mengucapkan: Taqobbalallahu minna wa minka”.
Wah, ternyata ucapan lebaran di masa Rasulullah sangat sederhana dan tidak ribet ya. Lalu bagaimana dengan ucapan “Minal ‘Aidin wal faizin yang sering diucapkan setiap hari raya idhul Fitri? Ternyata ucapan tersebut sama sekali tidak bersumber dari Rasulullah, tapi hanya kebiasaan yang ada di suatu masyarakat. Yang salah lagi adalah, ketika ucapan Minal Aidin wal faizin diikuti dengan “Mohon maaf lahir dan batin”. Seolah-olah arti dari minal aidin wal faizin adalah Mohon maaf lahir dan batin. Padahal keduanya tidaklah ada hubungannya, karena sebenarnya kata minal aidin wal faizin merupakan sebuah penggalan doa/harapan.  Harusnya doa tersebut dibaca secara lengkap, yakni :
Ja’alanallahu wa iyyakum minal aidin wal faizin
Artinya : Semoga Allah menjadikan kami dan anda sebagai orang-orang yang kembali dan beruntung (menang).
Meskipun ucapan hari raya merupakan sesuatu yang diperbolehkan dan tidak ada aturan khusus didalamnya. Namun ada baiknya kita mengucapkan kata yang bermakna baik dan langsung dicontohkan oleh sahabat Nabi, yakni “Taqobbalallahu minna wa minkum (Semoga Allah menerima amal kita dan amal kalian)”. Amin…YRA. Semoga bermanfaat yaa!

Loading...
Previous
Next Post »
loading...