Tips Cerdas Menghemat Listrik Rumah Tangga

Pernahkah Anda merasa kaget saat melihat tagihan listrik membengkak? Listrik termasuk salah satu kebutuhan pokok yang tidak boleh diabaikan keberadaannya. Bayangkan jika sehari saja tanpa listrik, pasti sangat tersiksa bukan? Mau mandi tidak ada air, karena pompa mati, mau belajar juga tidak bisa karena gelap, belum lagi bahan makanan di kulkas yang siap membusuk jika kulkas tak jua menyala. Itu baru masalah dalam rumahan, bagaimana dengan di jalanan? Hem, ternyata banyak sekali masalah yang muncul jika listrik mati.(Pantangan Makanan Penderita Stroke)
Meskipun sadar jika listrik adalah kebutuhan pokok dan vital, namun beberapa orang seringkali protes jika tiba-tiba biaya listrik membengkak. Membengkaknya biaya listrik bisa jadi karena pemakaian listrik yang terlalu boros, atau bisa juga karena adanya kenaikan tarif dasar listrik. Nah, agar biaya listrik di rumah Anda tidak membengkak setiap bulannya, simak tips cerdas menghemat listrik rumah tangga berikut ini : (Mengerikan, Ini Efek Diabetes Jika Tidak Diobati)

1.    Pilih daya listrik yang tepat

Memilih daya listrik sesuai dengan kebutuhan akan membantu Anda menghemat listrik, misalnya : jika rumah Anda kecil, cukup pasang listrik 450 VA atau 900 VA, apabila rumah Anda sedang, maka Anda bisa memilih daya 900-1300 VA.

2.    Pilih peralatan rumah tangga yang tepat

Agar biaya listrik tidak terlalu membengkak, pastikan Anda bijak memilih peralatan rumah tangga yang menggunakan listrik. Pilihlah peralatan yang sesuai kebutuhan dan hemat energi, misalnya : kulkas, lampu, magic com, dan lain sebagainya.

3.    Mengajarkan pada anggota keluarga untuk cerdas berhemat energi listrik

Membentuk perilaku anggota keluarga untuk berhemat energi listrik akan membuat tagihan listrik Anda lebih stabil. Cara yang bisa Anda lakukan adalah : membiasakan menyalakan alat listrik saat dibutuhkan, produktif memanfaatkan listrik untuk menambah penghasilan, dan biasakan menghindari pemakaian listrik secara bersamaan.

4.    Menggunakan peralatan listrik dengan cerdas

Penggunaan alat-alat listrik rumah tangga memang tidak bisa dihindari, namun kita bisa mengambil langkah cerdas untuk menghemat pemakaian energi listrik, misalnya : Ganti lampu pijar dengan lampu LED/TL karena lebih hemat energi, gunakan alat listrik dengan kapasitas yang sesuai kebutuhan (misalnya : magic com, kulkas, AC, dan lain-lain), jaga kebersihan alat listrik Anda (kipas angin, kulkas, dan lain-lain) karena kotor akan membuat daya pemakaian listrik semakin besar, gunakan tandon air agar pompa air tidak sering menyala, jangan biarkan alat listrik menyala ketika tidak digunakan, dan lain sebagainya.
Semoga Tips cerdas menghemat listrik diatas dapat membuat tagihan listrik Anda tidak membengkak lagi. Semoga bermanfaat!


Loading...
Previous
Next Post »
loading...