Loading...

Waspadai Serangan Penyakit Saat Lebaran!

Lebaran selalu identik dengan makan-makan. Hampir semua keluarga pasti menyediakan beragam makanan, baik itu kue basah/kering, aneka hidangan lezat, dan juga minuman yang menyegarkan. Tergoda sich boleh, tapi jangan berlebihan karena jika Anda tidak mampu mengendalikan diri, maka bersiaplah beberapa penyakit menyerang. (Tujuh Kesalahan yang sering dilakukan Saat Lebaran)
Setelah sebulan menjalankan puasa, tubuh Anda pasti butuh penyesuaian, sangat berbahaya jika langsung diforsir.  Jangan hanya karena banyaknya makanan yang disajikan, lantas kita lupa mengatur pola makan. Nah, agar lebih berhati-hati mengonsumsi makanan, simak 6 penyakit saat lebaran berikut ini : (Ingin Cepat Hamil? Konsumsi Makanan Peningkat Kesuburan ini!)

Kolesterol dan Hipertensi

Hidangan lezat yang sering tersaji saat lebaran kadang menjadi pemicu meningkatkan kolesterol dan tekanan darah tinggi (hipertensi), misalnya : gulai kambing, rendang daging, opor ayam, dan lain sebagainya. Bagi penderita hipertensi dan kolesterol, ada baiknya tetap waspada terhadap makanan pantangan, karena dengan pola makan yang terkontrol, maka masalah kesehatan akan bisa dihindari.

Diabetes

Minuman manis, cake, dan kue menjadi ciri khas saat lebaran. Padahal semua yang manis tidaklah memiliki efek yang manis bagi penderita diabetes. Jika penderita diabetes tidak bisa mengontrol asupan makanan selama lebaran, maka bersiaplah menerima konsekuensi kenaikan kadar gula darahnya.

Gangguan Perut dan Pencernaan

Saat Lebaran, biasanya orang cenderung malas memasak sendiri, karena pembantu pada mudik di kampong. Akibatnya, mereka lebih suka membeli makanan di luar yang tidak jelas kebersihan dan gizinya. Jika dibiarkan terus menerus, maka bersiaplah mengalami gangguan perut dan pencernaan, misalnya : radang tenggorokan, diare, radang usus, types, dan lain-lain.
Selain itu, masalah gangguan perut dan pencernaan juga bisa mengancam anak-anak dan orang dewasa yang  mengonsumsi kue lebaran atau minuman berbahan kimia (pengawet, pewarna, pemanis berbahaya)

Penyakit Akibat Kelelahan

Saat lebaran, semua keluarga dan tetangga pasti akan saling berkunjung satu sama lain. Senang sich, tapi aktivitas menyambut lebaran, mudik dan silaturrahmi tentulah sangat melelahkan terutama jika tidak diimbangi istirahat yang cukup. Akibatnya penyakit akibat kelelahan siap menyerang Anda, misalnya : batuk, radang tenggorokan, flu, dan lain sebagainya

Upaya Pencegahan

Semua penyakit diatas dapat dicegah dengan cara mengontrol pola makan dan pola hidup sehat. Nah, agar terhindar dari ancaman penyakit saat hari raya, pastikan simak tips-tips berikut ini :

•    Atur pola makan yang bergizi seimbang

Bagi penderita penyakit kronis, usahakan untuk mengontrol pola makan yang bergizi seimbang dan tetap konsisten hindari pantangan makanan agar kondisi kesehatannya tetap stabil

•    Atur pola istirahat yang cukup

Bahagia menyambut lebaran adalah wajar, namun begitu jangan abaikan kesehatan dengan melalaikan waktu istirahat. Atur pola istirahat yang cukup agar tubuh tetap fit dan bugar selama lebaran.

•    Konsumsi buah dan sayuran

Banyaknya makanan lezat jangan membuat Anda lupa untuk mengonsumsi buah dan sayuran, karena buah dan sayur juga kaya nutrisi dan serat yang membantu mencegah penyakit akibat makanan lezat selama lebaran, misalnya : kolesterol, sembelit, hipertensi, dan lain sebagainya

•    Penuhi kebutuhan air putih

Meskipun banyak minuman manis menyegarkan saat lebaran, namun pastikan Anda tetap memenuhi kebutuhan air putih setiap harinya.

•    Olahraga

Kesibukan selama lebaran jangan membuat Anda lupa akan rutinitas olahraga yang menyehatkan ya. Anda bisa memilih olahraga ringan, misalnya : jalan santai, bersepeda, dan lainnya.
Semoga informasi tentang Penyakit Saat Lebaran diatas dapat membuat kita selalu waspada dan tetap menjaga kesehatan selama lebaran.


Loading...
Previous
Next Post »
loading...