Fakta dan Bahaya Menguap yang Sering Tidak Disadari

Menguap atau dalam bahasa Jawa disebut angop merupakan satu kebiasaan yang sering dilakukan manusia ketika rasa kantuk menyapa. Saat menguap, seseorang akan menghirup udara dalam-dalam melalui mulut. Kebanyakan orang menganggap menguap disebabkan rasa kantuk, namun dalam segi medis, menguap merupakan gejala yang menunjukkan jika otak dan tubuh membutuhkan oksigen dan nutrisi akibat organ pernafasan kurang dalam menyuplai oksigen ke otak dan tubuh. Terdapat beberapa kondisi yang mendorong seseorang untuk menguap, diantaranya karena rasa letih, malas, kenyang, lesu, tubuh berat, dan lain sebagainya. (Tanda dan Gejala Penyakit Jantung yang Wajib Anda Ketahui)
Menguap/health.diwarna.com
Tidak banyak yang tahu jika ternyata banyak bahaya yang mengancam ketika Anda menguap. Hem, pasti Anda heran, bagaimana mungkin kebiasaan yang hampir terjadi pada manusia setiap waktu tersebut dapat membahayakan? Mulut berbeda dengan hidung, karena dia tidak bisa menyaring udara. Jadi ketika kita membuka mulut dan menghirup udara dalam-dalam melalui mulut, maka pada saat itu akan masuk debu, kutu dan berbagai jenis mikroba bersama udara ke dalam tubuh. Jika kebiasaan tersebut dilakukan terus menerus, maka berbagai ancaman penyakit siap menyerang tubuh Anda.

Benarkan Menguap dari Setan?

Dalam islam, ada beberapa adab yang sebaiknya diataati ketika menguap, karena menguap merupakan satu tindakan yang ditimbulkan oleh setan. Terdapat salah satu hadits yang menyebutkan, yakni : “Menguap itu dari setan, jika seorang menguap hendaklah dia tahan semampunya.” (HR. Bukhari 3289 & Muslim 7682).
Berdasarkan petunjuk hadits diatas, maka ketika menguap kita harus melakukan beberapa cara berikut ini :

Menolak menguap

Yang harus kita lakukan ketika keinginan menguap dating adalah menolaknya dengan cara menutup atau merapatkan mulut.
Adab pertama di dalam menguap adalah berusaha sekuat tenaga untuk menolak dan mencegah terjadinya menguap dengan berusaha tetap menutup dan merapatkan mulut. Menutup atau merapatkan mulut juga dapat mencegah debu dan kotoran serta mikroba masuk kedalam tubuh.

Menutup mulut dengan tangan

Jika cara diatas dianggap sulit, Anda bisa menahan menguap dengan cara menutup dengan tangan. Tindakan tersebut banyak manfaatnya, antara lain : melaksanakan perintah Rasulullah, untuk menghindari bau mulut tercium orang lain, dan agar setan tidak ikut masuk. Hal itu sebagaimana terdapat dalam sebuah hadits yang artinya : “Jika seorang dari kalian menguap, hendaklah ia menutup mulutnya dengan tangan, sebab setan bisa masuk”. (HR. Muslim)

Hindari mengucapkan ‘Haaah’, atau teriakan lainnya

Entah disengaja atau tidak, saat menguap seseorang seringkali mengeluarkan suara “huaaah, atau teriakan lainnya. Hal tersebut sangatlah dilarang dalam islam, karena selain tidak sopan, suara lenguhan tersebut dapat mengundang tawa setan dan Allah juga tidak menyukainya. Sebagaimana dalam sebuah hadits yang artinya : “……Bila seorang menguap sampai keluar ucapan ‘haaah’, setan akan menertawainya.” (HR. Al-Bukhari no. 6223 dan Muslim no. 2994)
Nah, setelah membaca penjelasan diatas, pasti Anda akan lebih mengerti bagaimana cara mengatasi ketika menguap itu datang. Semoga bermanfaat yaa...

Loading...
Previous
Next Post »
loading...