Loading...

Suka Malas Gosok Gigi? Ini Bahayanya Bagi Kesehatan

Sudahkah Anda menggosok gigi hari ini? Hampir semua orang pasti sudah paham akan pentingnya gosok gigi. Menggosok gigi secara rutin dua kali sehari pada pagi dan malam hari tidak hanya menjaga kesehatan gigi dan gusi, tapi juga mencegah ancaman penyakit berbahaya. Sayangnya, tidak banyak orang yang bisa menjaga kebiasaan tersebut bahkan cenderung meremehkannya, terutama gosok gigi pada malam hari. Padahal malas gosok gigi dapat berakibat fatal, karena risiko penyakit berbahaya siap mengintai Anda, dari mulai : diabetes, jantung, dan lainnya. (Suka marah-marah? Kendalikan dnegan 7 Makanan Ini)
Gosok gigi/obatjantungbocoralami.com
Hem, daripada penasaran, simak beberapa bahaya yang siap mengancam akibat malas gosok gigi berikut ini:

Bau Mulut

Enggan menyikat gigi menyebabkan kotoran dan sisa makanan menempel dan mengendap dalam gigi. Kondisi tersebut dapat mengundang bakteri untuk tumbuh dan berkembang, sehingga jika dibiarkan dapat menyebabkan bau mulut yang mengganggu. (Bahaya Trigliserida dan Cara Mengatasinya)

Diabetes dan Jantung

Ternyata gigi berlubang, gusi berdarah dan plak gigi yang menumpuk tidak hanya mengancam kesehatan gigi, tapi juga meningkatkan risiko penyakit diabetes dan jantung. Meskipun para ahli tidak bisa mengatakan secara pasti, namun mereka yakin bahwa bakteri dalam mulut bisa masuk ke dalam aliran darah dan merusak organ dalam tubuh lainnya, termasuk jantung. (Cerahkan Wajah Kusam dan Berminyak dalam Seminggu)

Gangguan ereksi

Salah satu masalah kesehatan yang siap mengancam akibat malas gosok gigi adalah : disfungsi ereksi. Hal itu sebagaimana peringatan American Dental Association (ADA) akan bahaya malas gosok gigi yang dimuat dalam Prevention, Jumat (27/3/2015). (Ingin Awet Muda? Waspadai Hal-Hal yang Memicu Penuaan Dini)

Gigi berlubang

Gosok gigi pada malam hari sebelum tidur harus selalu dilakukan, karena dapat meningkatkan risiko gigi berlubang. Hal itu terjadi, karena malas gosok gigi membuat produksi pelindung air liur menjadi lambat dan kotoran dalam mulut yang menumpuk dapat memicu perkembangan bakteri penyebab gigi berlubang. (BAhyaa Asam Urat dan cara Alami untuk Mengatasinya)

Demensia

Malas gosok gigi juga bisa menyebabkan Demensia loh. Hal itu dibuktikan dalam sebuah penelitian oleh University of California yang dipublish di Journal of American Geriatrics Society. Penelitian tersebut dilakukan terhadap 5.500 orang  dalam waktu 18 tahun yang hasilnya peserta yang terbiasa menggosok gigi kurang dari sekali setiap hari memiliki risiko 65 % mengembangkan demensia dibandingkan peserta yang rutin menggosok gigi 3 kali sehari.

Alzheimer

Selain demensia, beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa malas gosok gigi juga dapat menyebabkan penyakit Alzheimer. Menurut perkiraan, hal itu karena bakteri pada penyakit gusi dapat mengakibatkan peradangan dan kerusakan saat mencapai otak. 

Ginggivitis/peradangan gusi

Malas gosok gigi dapat menyebabkan timbulnya plak dan karang gigi. Nah, pada saat Anda makan dan minum yang mengandung pati/gula, secara otomatis bakteri akan melepaskan asam yang dapat menyerang enamel gigi. Akibatnya kerusakan gigi dan berbagai masalah gusi siap mengancam Anda, seperti : gingivitis, gusi bengkak, dan lainnya.
Nah, setelah mengetahui bahayanya malas gosok gigi diatas, masihkah Anda enggan menjaga kebersihan dan kesehatan gigi? Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...