Awas, Jangan Lakukan 7 Hal Ini Saat Menstruasi

Menstruasi termasuk hal yang tidak asing bagi wanita, karena hampir setiap bulan selalu dialami para wanita. Menstruasi terjadi ketika sel telur tidak dibuahi sehingga luruh melalui proses menstruasi. Saat menstruasi, para wanita mengalami perubahan hormone yang memicu beberapa hal, antara lain : nafsu makan meningkat, pusing, nyeri seluruh tubuh, kram perut, dan lain sebagainya. Perubahan hormonal tersebut bukan berarti membuat wanita bebas melakukan apa saja sesuai kehendak, tapi wajib disikapi dengan bijak. (Waspadai Ciri-Ciri Tahilalat yang Berbahaya)
Menstruasi/bidanku.com
Nah, agar hal buruk tidak menimpa Anda, pastikan hindari 7 hal ini saat menstruasi :

1.    Berhubungan badan

Hal utama yang wajib dihindari saat menstruasi adalah berhubungan badan. Saat menstruasi, daerah kewanitaan mengeluarkan darah kotor yang tentu berbahaya dan memicu infeksi. (Awas, Ini Bahyaa Kecing Berdiri Bagi Kesehatan)

2.    Shalat

Studi membuktikan jika gerakan ruku dan sujud dalam shalat dapat meningkatkan aliran darah ke rahim menjadi lebih kuat dan akan keluar melalui menstruasi. Jika dilakukan, maka waita akan kehilangan darah lebih banyak dari normalnya. Selain itu, zat besi dan sel darah putih juga akan ikut keluar melalui menstruasi sehingga jika berlebihan dapat meningkatkan risiko anemia dan masalah kesehatan lain. (7 Cara Ampuh Hilangkan Lemak Perut dalam Seminggu)

3.    Bekerja keras

Saat menstruasi, kondisi fisik dan system imun wanita umumnya akan menurun. Oleh karena itu, hindari memforsir tenaga saat menstruasi, karena bisa jadi memperparah rasa nyeri. (Manfaat Mandi Air Dingin bagi Kesehatan Dan Kecantikan)

4.    Tidak menjaga Kebersihan

Perubahan hormone saat menstruasi biasanya menyebabkan wanita mudah berkeringat dan kulit lebih berminyak. Untuk itu, selain menjaga kebersihan tubuh, wanita juga harus menjaga organ kewanitaannya agar senantiasa bersih, misalnya : mandi dan ganti pembalut secara rutin. (Jangan buang Biji Labu Kuning, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan)

5.    Tidak menjaga asupan nutrisi

Saat menstruasi, wanita berada dalam kondisi kesehatan yang kurang maksimal, karena itu wajib baginya untuk menjaga asupan nutrisi agar tubuh tetap sehat dan fit setiap hari. (Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kecantikan)

6.    Berolahraga berat

Olahraga bisa menyehatkan badan. Namun bagi wanita yang sedang menstruasi, olahraga berat dapat membahayakan dirinya, karena membuat darah yang keluar semakin lancar dan banyak. Untuk itu, ada baiknya Anda memilih olahraga ringan saat menstruasi, misalnya : jalan kaki, bersepeda, dan lainnya. (Awas, Jangan Lakukan 4 Hal Ini Saat Memasak)

7.    Tidak Memilih-milih makanan

Memilih-milih makanan saat menstruasi adalah wajib, karena ternyata ada beberapa jenis makanan yang kurang bagus jika dikonsumsi saat menstruasi. Apa sajakah itu? Diantaranya : Kafein yang menyebabkan pembuluh darah menyempit dan menyebabkan dehidrasi, gorengan yang mengandung lemak sehingga meningkatkan hormone estrogen, makanan olahan karena mengandung sodium yang membuat tubuh membengkak, dan makanan manis yang memicu peningkatan kadar gula darah sehingga menyebabkan seseorang mudah marah, dan lain sebagainya. (Jangan Buang Ampas Kopi, Ini Manfaatnya utuk Dapur Anda)
Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi kita smeua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...