9 Cara Menghindari Komplikasi Diabetes

Merasa galau dan putus asa karena mendapat vonis “diabetes” dari dokter Anda? Tidak perlu cemas, karena penderita diabetes juga bisa hidup sehat dan beraktivitas seperti biasa. Hanya saja, ada banyak hal yang harus diperhatikan agar kondisi Anda selalu sehat. Selain itu, penderita diabetes tidak bisa sembarangan mengonsumsi makanan, tapi ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari agar tidak memperburuk kondisi kesehatan Anda. Seperti yang kita tahu, jika kadar glukosa darah pada penderita diabetes tidak terkontrol dengan baik, maka dapat menyebabkan komplikasi baik yang bersifat akut (misalnya : hipoglikemia ) maupun kronik (misalnya : kebutaan, gagal ginjal, jantung, luka membusuk, stroke) (TAnda Awal Gagal Ginjal yang Harus Diwaspadai)
Nah, mengingat besarnya bahaya yang ditimbulkan akibat komplikasi diabetes, maka  sudah selayaknya pasien selalu memantau kadar glukosa secara rutin. Selain itu, Anda bisa menyimak 9 Cara Menghindari Komplikasi Diabetes berikut ini : (RAhasia Langsingkan Tubuh Dengan Kurma)
Komplikasi diabets/klikdokter.com

1.    Bijak memilih karbohidrat

Diabetes bukan berarti membuat Anda harus menghindari karbohidrat,tapi pilih karbohidrat yang bisa diserap tubuh dan memberikan asupan energy, misalnya : beras merah, kacang-kacangan, buah, sayuran dan gandum. (Penyebab Gagal Ginjal dan cara Mencegahnya)

2.    Jaga pola Tidur yang cukup

Menjaga waktu tidur yang cukup akan membuat Anda lebih sehat dan tetap bugar. Kurang tidur atau terlalu banyak tidur tentulah kurang baik, karena dapat memicu nafsu makan berlebih yang membuat berat badan Anda sulit terkontrol. (Tips agar sayuran Hijau Tidak Berubah Warna Saat Dimasak)

3.    Olahraga secara rutin

Olahraga bagi penderita diabetes memiliki banyak manfaat, diantaranya : meminimalisir stress, menjaga berat badan, menurunkan tekanan darah, membakar lemak dan kolesterol. Lakukan olahraga ringan secara rutin agar tubuh lebih sehat dan bugar.

4.    Kelola stress dengan baik

Stress bisa membahayakan kondisi penderita diabetes, karena memicu peningkatan kadar glukosa darah. Oleh karena itu, kelola stress dengan baik agar Anda terhindar dari komplikasi yang membahayakan.

5.    Batasi asupan garam

Penderita diabetes wajib mengurangi asupan garam agar tekanan darah dan kesehatan ginjalnya terjaga. Seperti yang kita tahu, asupan garam dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan kerusakan pada ginjal.

6.    Perawatan luka atau benjolan

Penderita Diabetes memiliki risiko infeksi dan penyembuhan yang lambat. Oleh karena itu, pastikan obati dan rawat luka/benjolan  pada tubuh Anda dengan baik agar tidak menjadi masalah serius. Selain itu, pastikan jaga kelembapan alami kaki agar terhindar dari pecah-pecah.

7.    Hentikan Kebiasaan buruk yang merusak kesehatan

Penderita diabetes wajib menjaga pola hidup yang sehat, salah satunya dengan menghindari kebiasaan mer*kok, minum alc*hol, dan lain sebagainya. Menghentikan kebiasaan buruk tersebut tidak hanya membuat Anda lebih sehat, tapi juga menurunkan risiko komplikasi diabetes, seperti : jantung, stroke, kerusakan ginjal dan lain sebagainya.

8.    Pilih makanan yang terbaik untuk diabetes

Mungkin tidak ada pola makan khusus utuk penderita diabetes, meski begitu ada beberapa makanan yang bagus untuk menjaga kesehatan penderita diabetes, antara lain : makanan kaya asam lemak omega 3, sayuran hijau, buah beri, dan lain sebagainya.

9.    Periksa ke dokter secara rutin

Mengunjungi dokter termasuk satu hal yang wajib dilakukan penderita diabetes untuk memastikan kondisi kesehatannya dan yang pasti meminimalisir risiko komplikasi diabetes.
Semoga informasi yang berjudul 9 Cara Menghindari Komplikasi Diabetes diatas dapat membantu penderita diabetes agar lebih sehat dan tetap aktif menjalani aktivitasnya sehari-hari.

Source

Loading...
Previous
Next Post »
loading...