Tips Sukses Menyusui Pasca Operasi Caesar

Cinta Putih Zahraa - Hampir semua ibu pasti memiliki keinginan untuk segera memberikan ASI pada bayinya. Bagi ibu yang menjalani proses persalinan dengan cara normal sich tidak masalah, karena mereka bisa langsung memberikan ASInya pasca proses persalinan. Berbeda dengan ibu yang menjalani proses persalinan dengan cara Caesar, karena mereka masih dalam pengaruh anastesi dan butuh waktu lumayan lama untuk menyembuhkan kondisi tubuhnya pasca operasi Caesar. Dalam kondisi tersebut, kemungkinan ibu belum bisa memberikan ASI pada bayinya. Tapi, hal itu bukan berarti ibu yang menjalani proses persalinan secara Caesar tidak bisa sukses memberikan ASI pada bayinya. 
Lalu bagaimana agar sukses menyusui pasca Operasi Caesar? Tidak perlu cemas, kami akan menghadirkan tips-tipsnya berikut ini :

Segera menyusui pasca kondisi membaik

Ketika kondisi ibu mulai membaik, misalnya : sudah bisa bangun dari tidur dan duduk, Anda bisa langsung menemui buah hati Anda atau meminta perawat membawa bayi Anda untuk disusui. Lakukan dengan telaten, karena umumnya rasa sakit di punggung bekas suntikan anastesi akan terasa menyiksa ketika Anda duduk.

Cari posisi ternyaman untuk menyusui

Kondisi ibu pasca melahirkan Caesar mungkin sangat menyakitkan, misalnya : bekas jahitan terasa nyeri dan punggung terasa sakit. Meski begitu, dengan mencari posisi yang nyaman, Anda bisa sukses menyusui buah hati. Posisi yang nyaman, antara lain : menggunakan kursi berlengan dan memiliki sandaran, serta tambahkan kursi kecil pada kaki agar kaki ibu tidak menggantung.

Bangunkan buah hati Anda yang tidur

Umumnya, bayi yang dilahirkan melalui proses operasi Caesar akan terlihat mengantuk atau lesu akibat pengaruh suntikan anastesi saat operasi Caesar. Bangunkan dia dengan penuh cinta dan sebisa mungkin berikan ASI Anda meskipun sebentar. Agak sulit memang, tapi harus dilakukan demi suksesnya pemberian ASI pada buah hati Anda.

Jangan takut minum obat

Umumnya, setelah proses persalinan Caesar, ibu hamil masih wajib minum obat-obatan tertentu yang direkomendasikan dokter. Jangan takut minum obat, karena hal itu tidak akan mempengaruhi ASI maupun buah hati Anda. Jangan lupa untuk memeriksakan kondisi Anda dan buah hati ke dokter agar terhindar dari masalah yang tidak diinginkan.

Dukungan keluarga

Dukungan keluarga, terutama suami merupakan salah satu kunci sukses bagi ibu untuk menyusui sang buah hati. Adapun beberapa bentuk dukungan yang bisa diberikan suami, adalah : menyediakan makanan bergizi yang berkhasiat melancarkan ASI, membantu merawat buah hati, mendampingi istrinya dalam menghadapi masa-masa sulit pasca Caesar, dan lain sebagainya.
Menjalani masa pemulihan pasca Caesar memang lumayan berat, apalagi ditambah merawat bayi. Namun dengan kesabaran, keuletan serta dukungan dari suami, maka semuanya akan berjalan lancar sesuai keinginan. Semoga informasi yang berjudul Tips Sukses Menyusui Pasca Operasi Caesar diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Artikel Keren Lainnya 

Penyebab Perut Kencang Saat Hamil Dan Cara Mengatasinya
 Konsumsi 6 Makanan Ini Saat Hamil Bikin Kulit Bayi Putih Bersih
 Enam Waktu Saat Pintu-Pintu Langi Di Buka
Atasi Angin Duduk Dengan 5 Cara Ini Sebelum Terlambat
Tujuh Cara Bentengi Rumah Dari Gangguan Syetan
Cara Mengundang Malaikat Rahmat Ke Rumah Kita 
Cara Mudah Mengundang Dollar dari Google Adsense
Bebaskan tubuh dari Kolesterol Dengan 7 Makanan Enak Ini

Loading...
Previous
Next Post »
loading...