Loading...

Ingin Dapat Jaminan Surga? Lakukan 10 Amalan Ini!

cintaputihzahra - Hampir semua orang memimpikan hidup mulia di dunia dan mati masuk ke surga. Tapi kenyataannya, untuk mendapatkan surga tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi jika kita masih sering berbuat dosa, baik secara sengaja maupun tidak disengaja. Tapi Anda juga tidak perlu khawatir, karena ternyata untuk mendapatkan surga juga tidak terlampau sulit. Bahkan hanya dengan melakukan satu dari sebelas amalan sederhana yang kita sebutkan ini, Anda bisa mendapatkan jaminan surga. Kira-kira apa sajakah amalan yang membuat seseorang mendapatkan jaminan surga dari Allah SWT? 

Ilustrasi Rumah di Surga

Daripada penasaran, mending simak sepuluh amalan yang apabila diterapkan, maka kita akan dibangunkan rumah atau istana di surga, berikut ini :

Membangun masjid semata ikhlas karena Allah Taala

Membangun satu masjid mungkin hanya bisa dilakukan oleh orang kaya atau yang berduit, tapi bukan berarti kita yang tidak berkantong tebal tidak bisa ikut mendapatkan surga dari amalan ini. Kita bisa ikut bersadaqah/berinfaq untuk pembangunan masjid juga khan?

Dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.” (HR. Ibnu Majah, no. 738)

Dalam hadits lain disebutkan pula,

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang membangun masjid karena Allah, maka haAllah akan membangun baginya semisal itu di surga.” (HR. Bukhari, no. 450; Muslim, no. d533).

Membaca surat Al-Ikhlas sebanyak sepuluh kali

Meski terlihat ringan, namun tidak semua orang memiliki waktu untuk melakukannya secara rutin, padahal balasannya sungguh luar biasa.

Dari Mu’adz bin Anas Al-Juhaniy radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang membaca qul huwallahu ahad sampai ia merampungkannya sebanyak sepuluh kali, maka akan dibangunkan baginya rumah di surga.” (HR. Ahmad, 3: 437) 

Shalat dhuha empat raka’at dan shalat sebelum Zhuhur empat raka’at

Meski hanya shalat sunnah, namun pahalanya sangat luar biasa lho, yakni rumah di surga.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang shalat Dhuha empat raka’at dan shalat sebelum Zhuhur empat raka’at, maka dibangunkan baginya rumah di surga.” (HR. Ath-Thabrani)

Mengerjakan 12 raka’at shalat rawatib dalam sehari

Mengerjakan shalat rawatib secara rutin setiap hari akan membuat Anda memiliki rumah di surga.
Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa merutinkan shalat sunnah dua belas raka’at dalam sehari, maka Allah akan membangunkan bagi dia sebuah rumah di surga. Dua belas raka’at tersebut adalah empat raka’at sebelum zhuhur, dua raka’at sesudah zhuhur, dua raka’at sesudah maghrib, dua raka’at sesudah ‘Isya, dan dua raka’at sebelum shubuh.” (HR. Tirmidzi, no. 414; Ibnu Majah, no. 1140; An-Nasa’i, no. 1795. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Meninggalkan perdebatan

Meninggalkan dusta

Berakhlak mulia

Ketiga amalan diatas juga membuat Anda mendapatkan jaminan rumah di surga, sebagaimana terdapat dalam hadits berikut ini :

Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku memberikan jaminan rumah di pinggiran surga bagi orang yang meninggalkan perdebatan walaupun dia orang yang benar. Aku memberikan jaminan rumah di tengah surga bagi orang yang meninggalkan kedustaan walaupun dalam bentuk candaan. Aku memberikan jaminan rumah di surga yang tinggi bagi orang yang bagus akhlaknya.” (HR. Abu Daud, no. 4800)

Membaca alhamdulillah dan istirja’ (inna ilaihi wa innaa ilaihi raaji’’un) saat anaknya meninggal dunia

Dari Abu Musa Al-Asy’ari radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Apabila anak seorang hamba meninggal dunia, Allah berfirman kepada malaikat-Nya, “Kalian telah mencabut nyawa anak hamba-Ku?” Mereka berkata, “Benar.” Allah berfirman, “Kalian telah mencabut nyawa buah hatinya?” Mereka menjawab, “Benar.” Allah berfirman, “Apa yang diucapkan oleh hamba-Ku saat itu?” Mereka berkata, “Ia memujimu dan mengucapkan istirja’ (innaa lilaahi wa innaa ilaihi raaji’uun).” Allah berfirman, “Bangunkan untuk hamba-Ku di surga, dan namai ia dengan nama baitul hamdi (rumah pujian).” (HR. Tirmidzi, no. 1021; Ahmad, 4: 415)

Menutup celah dalam shaf shalat

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Barang siapa yang menutupi suatu celah (dalam shaf), niscaya Allah akan mengangkat derajatnya karena hal tersebut dan akan dibangunkan untuknya sebuah rumah di dalam surga.” (HR. Al-Muhamili dalam Al-Amali, 2: 36)

Beriman pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam

Dari Fadhalah bin ‘Ubaid radhiyallahu ‘anhu, ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Aku menjamin orang yang beriman kepadaku, masuk islam dan berhijrah dengan sebuah rumah di pinggir surga, di tengah surga, dan surga yang paling tingggi. Aku menjamin orang yang beriman kepadaku, masuk islam dan berjihad dengan rumah di pinggir surga, di tengah surga dan di surga yang paling tinggi. Barangsiapa yang melakukan itu, maka ia tidak membiarkan satu pun kebaikan, dan ia lari dari setiap keburukan, ia pun akan meninggal, di mana saja Allah kehendaki untuk meninggal.” (HR. An-Nasa’i, no. 313

Semoga Allah meringankan kita dalam mengerjakan amalan-amalan diatas sehingga kita semua bisa mendapatkan jaminan rumah di surga_Nya. Amiin.. YRA

Loading...
Previous
Next Post »
loading...