Loading...

Anak Tidak Suka Makan Sayur? Siasati dengan 7 cara Sederhana Ini

Sedih karena anak-anak tidak mau makan sayur? Mengenalkan aneka jenis makanan, termasuk salah satunya sayuran harus dilakukan oleh orang tua sedini mungkin. Karena seperti yang kita tahu, sayuran mengandung banyak nutrisi penting yang bagus untuk mendukung tumbuh kembang anak. Namun sayangnya, beberapa anak kurang menyukai aroma, rasa, bahkan tekstur sayuran sehingga mereka akan langsung berkata “tidak” atau menolak keras untuk makan. Alangkah sedihnya jika makanan yang kita buat dengan susah payah, justru ditolak mentah-mentah atau dimuntahkan oleh mereka. 

Tapi mau bagaimana lagi kalau kenyataannya selalu begitu, apa iya kita harus memaksanya? Tentu saja tidak, karena terlalu keras memaksa anak untuk makan sayur justru dapat menyebabkan mereka trauma. Untuk menyiasatinya, Anda bisa melakukan beberapa trik khusus, diantaranya adalah :

1.    Menjelaskan pentingnya sayuran dengan bahasa yang disukai anak

Jelaskan bahwa sayuran itu bisa membuat mereka sehat, kuat dan cerdas. Agar lebih menarik perhatiannya, cobalah ceritakan tokoh kesayangannya yang suka makan sayur, mislanya : popeye, upin-ipin, dan lainnya.

2.    Orang tua harus memberi teladan

Jika Anda ingin anak suka sayuran, maka yang harus dilakukan adalah Anda juga harus menyukai sayuran. Contohkan secara nyata saat Anda begitu menikmati makan sayuran setiap hari.

3.    Pilihkan jenis sayuran yang pas untuk anak

Agar pikiran negative anak terhadap sayuran hilang, pastikan pilih jenis sayuran yang renyah, tidak berbau menyengat dan memiliki rasa alami yang enak, misalnya : kol, wortel, jagung, kangkung, bayam, dan lainnya.

4.    Mencincang sayuran

Mencincang sayuran menjadi salah satu cara untuk menyiasati keberadaan sayuran dalam makanan anak, misalnya : mencincang kol dalam omelet, mencincang wortel dalam bakwan/nugget, atau yang lain sebagainya.

5.    Memotong dan menata sayuran dengan bentuk yang unik

Cara memotong dan menata sayuran juga bisa menarik perhatian dan juga nafsu makan anak, karena itu pastikan eksplor imanjinasi Anda.

6.    Kreatif mengolah sayuran

Meski hanya sayuran, namun jika kita pandai mengolahnya, maka bukan tidak mungkin anak-anak akan menyukainya, misalnya : brokoli goreng tepung, pudding sayuran, rempeyek bayam, siomay, dan lainnya.

7.    Mencampurkan sayuran dalam cemilan favoritnya

Mencampurkan sayuran dalam makanan favoritnya juga bisa menjadi trik agar anak suka sayuran, misalnya : mencampurkan sayur dalam pudingnya/jus dan yang lainnya.
Dengan cara sederhana diatas, dijamin anak-anak yang awalnya tidak suka sayuran akan mau mencobanya sehingga lama-lama terbiasa dengan rsanya dan kemudian menyukainya. Semoga bermanfaat yaa!
Baca artikel keren lainnya
Campak Jerman Pada anak? Ini Cara Mencegah dan Mengatasinya 
Tidak Tega Bangunkan Anak Shalat Subuh? Baca Tips dan Triknya Yuk!
Bintil Kecil Di Kulit (Skin Tag), Bahayakah?
Suka Berpikir Negatif? Ini Enam Bahayanya Bagi Kesehatan
Badan Pegal dan Loyo Setelah Bangun Tidur? Atasi dengan Cara Ini!

Loading...
Previous
Next Post »
loading...