Kamu Sering Iri dengan Kesuksesan Orang Lain? Berarti Kamu Belum Paham 7 Hal Ini!

Pernahkah terbersit rasa iri di hati Anda kala melihat orang lain mendapatkan kebahagiaan? Iri memang termasuk salah satu sifat alami yang ada dalam diri manusia.  Namun bukan berarti kita bisa terus menerus memeliharanya, karena perasaan negative ini dapat berakibat buruk buat diri Anda sendiri dan juga orang lain. Mencegah rasa iri hati tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, apalagi iri seringkali muncul kapan saja dan dimana saja. Namun Anda tidak perlu khawatir, meski sulit dicegah kehadirannya, namun iri bisa diredam atau dihilangkan dengan cara mudah. Nah, bagi Anda yang masih suka iri dan cemburu ketika melihat kesuksesan atau kebahagiaan orang lain, sebaiknya simak 7 hal ini, karena dijamin rasa negative tersebut akan menghilang dari hati Anda. Apa sajakah itu? Simak langsung yuk..
Ingin Rumah Tanggamu Bahagia? Jangan Masukkan Pendapat Orang dalam Keluargamu
iri hati/http://loop.co.id

1.    Iri hati tanda kamu kurang bersyukur

Apa yang menjadi rejekimu tak akan mungkin menjadi milik orang lain, sebaliknya apa yang menjadi rejeki orang lain juga tak akan mungkin berpindah padamu. Percayalah, Allah takkan keliru membagi rejeki untuk hambaNya. Jadi, jangan lupa bersyukur atas apa yang kau miliki. Rasa syukur akan membuat nikmatmu ditambah, sementara kufur hanya akan mendatangkan laknat Allah.
Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih". QS. 'Ibrahim [14] : 7
Dihina karena Statusmu Hanya Ibu Rumah Tangga yang Tak Berpenghasilan? Jangan Gusar, karena...

2.    Ganti rasa iri dengan mendoakan keberkahannya

Iri merupakan emosi negative yang bisa berdampak buruk pada kesehatan fisik dan psikis Anda. Untuk itu, ubahlah menjadi energy positif yang tidak hanya menguntungkan orang lain tapi juga diri Anda sendiri, yakni : mendoakan keberkahan dan kebaikan orang yang membuat Anda iri, karena bisa jadi ini membuat Anda mendapatkan nikmat yang sama dari Allah SWT.
“Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama,” (HR. Muslim no. 4912).

3.    Iri dapat menghapus segala kebaikanmu

Apa sich untungnya dengan memelihara sifat iri? Tidak mendatangkan keuntungan, justru kerugian yang nyata karena selain membuat hati Anda sesak juga hidup akan lebih tidak tenang. Bahkan, rasa iri tersebut dapat menghapus kebaikan yang Anda miliki.
“Jauhilah oleh kamu sekalian sikap hasad (dengki), karena sesungguhnya sikap hasad itu memakan (menghabiskan) kebaikan-kebaikan sebagaimana api memakan (menghabiskan) kayu bakar“. (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah).
Sering dihina dan dicaci? Lakukan hal sederhana Ini

4.    Iri hati membuka sifat buruk Anda

Ketika iri melanda, umumnya seseorang akan tega melakukan apapun demi keinginan dirinya, misalnya : menjelek-jelekkan, membenci, mendoakan keburukan, mengumpat, menyumpah, menjatuhkan, membuka aib dan lainnya. Padahal, bukankah mereka itu adalah saudaramu sendiri?
“Janganlah kamu sekalian saling iri, saling membenci, saling memata-matai, saling membukakan ‘aib, saling tipu, dan saling menjatuhkan, tapi jadilah kamu sekalian hamba Allah yang bersaudara“. (HR. Muslim dari Abu Hurairah).
Dada Sering Terasa Nyeri? Waspadai 6 Penyakit Ini

5.    Iri membuatmu sulit untuk maju

Iri hati umumnya akan membuat Anda focus pada orang lain dan melupakan potensi diri Anda. Padahal bisa saja Anda lebih sukses jika Anda berusaha keras dan berdoa.

6.    Iri membuatmu tidak bahagia

Orang bahagia adalah orang yang hidupnya penuh syukur dan ikhlas atas apapun yang nikmat Allah yang diterima. Maka itu, jangan pernah membiarkan iri menguasai hati, segera campakkanlah karena diri Anda sangat berhak untuk bahagia.

7.    Rasa iri membuat Anda hina

Sifat buruk tidak akan pernah menghasilkan sesuatu yang baik, meski dipoles dengan apapun juga, sebaliknya justru mendatangkan keburukan dan kehinaan. Ketika rasa iri dibiarkan menguasai hati, maka yang keluar dari diri Anda pastilah keburukan yang menghinakan.

Iri yang mendatangkan pahala

Meski iri itu buruk, namun bukan berarti Anda tidak diperbolehkan untuk iri, karen arasa iri juga bisa mendatangkan pahala, yakni : iri pada amal kebaikan orang sehingga mendorong Anda untuk melakukan kebaikan yang sama, mislanya : iri dnegan orang yang mampu bersedekah, penghafal Al Quran, dan lainnya.
 “Tidak boleh hasad kecuali dalam dua hal, yaitu (hasad kepada) orang-orang yang diberi kemampuan (membaca) al-Quran oleh Allah, lalu dia menegakkan (melaksanakan membaca) al-Quran baik diwaktu siang ataupun malam dan (hasad kepada) orang-orang yang diberi harta oleh Allah lalu dia infakkan baik diwaktu malam ataupun diwaktu siang“. (HR Muslim).
Setelah membaca penjelasan diatas, masihkah Anda tidak bijak mengelola rasa iri dalam hati? Semoga Allah senantiasa menghindarkan kita dari sifat iri yang buruk dan menghadirkan rasa iri yang baik sehingga hanya kebaikan yang ada dalam diri kita dan rasa iri tersebut bisa berbalaskan surge. Aamiin Ya Rab..

loading...
Previous
Next Post »