Loading...

Suka Menggunakan Wadah plastik untuk Makan/Minum? Kenali Bahayanya

Cinta Putih Zahraa - Pernah mendengar bahaya menggunakan wadah plastik untuk makanan/minuman? Menggunakan wadah plastik banyak dipilih karena bentuk dan warnanya lebih bervariasi, ramah untuk anak karena tidak mudah pecah, lebih ringan dan mudah dibawa kemana-mana. Akan tetapi, bagi Anda yang ingin memiliki tubuh sehat dan bebas penyakit, ada baiknya mengurangi penggunaan wadah plastik. Kenapa demikian? Ternyata makanan/minuman sehat saja tidak cukup, karena wadah plastic yang Anda gunakan bisa jadi mengandung bahan kimia berbahaya. Sebuah penelitian menyebutkan jika dalam wadah plastic terdapat kandungan bahan kimia yang dapat mengganggu keseimbangan hormone dan memicu masalah kesehatan, seperti : obesitas, diabetes, kemandulan, gangguan jantung, dan penyakit kanker karena hormone, mislanya : kanker ovarium, kanker payudara, kanker prostat dan lainnya.  Hati-Hati! Wanita Dengan 6 Sifat Ini Membuat Suami Tergoda untuk Selingkuh
bahaya wadah plastik

Ngeri banget, bukan? Tahukah Anda jika ada kandungan bahan kimia dalam plastic dan kaleng yang berisiko menyebabkan gangguan hormone, salah satunya bisphenol A atau BPA dan bisphenol S. Tak hanya itu saja, karena ada juga kandungan beberapa jenis pestisida seperti triklosan dan DDT.Suami, Ini Solusi Jika Istri Sedang Haid Ala Rasulullah

Ciri-Ciri Wadah Plastik yang Aman untuk Makanan

Waspada terhadap wadah plastic yang digunakan untuk makanan/minuman harus dilakukan, akan tetapi jangan berlebihan, karena ada juga wadah plastic yang aman untuk makanan. Ingin tahu bagaimana cirri-ciri wadah plastic yang aman untuk makanan dan minuman? Simak informasinya berikut ini :
1.    Terdapat Simbol Food Grade
Wadah plastic yang memiliki symbol foodgrade bisa dilihat dari gambar yang tertera pada wadah, yakni : gambar gelas dan garpu. Wadah plastic yang bergambar seperti ini artinya aman untuk makanan dan minuman. Tapi jika gambar sendok dan garpu dicoret, maka artinya wadah itu tidak aman.
2.    Terdapat Simbol Freezer Save
Tanda lainnya yang menunjukkan wadah plastic aman adalah bergambar bunga salju. Gambar tersebut menunjukkan bahwa wadah aman untuk dijadikan tempat penyimpanan makanan/minuman dalam suhu rendah/beku. Jika gambarnya dicoret, maka artinya tidak aman digunakan untuk menyimpan
3.    Terdapat Simbol Microwave Save
Jika ada gambar garis bergelombang, berarti wadah aman digunakan untuk menghangatkan makanan di dalam microwave, karena tahan suhu tinggi. Sebaliknya, jika gambar dicoret, maka jangan coba-coba gunakan dalam suhu panas.
4.    Terdapat Simbol Oven Save
Tanda lainnya adalah terdapat gambar oven (dua garis horizontal), yang artinya wadah ini aman digunakan untuk menghangatkan makanan dalam oven.

Wadah plastik yang harus diwaspadai

Meski ada wadah plastic yang aman, namun tetap perhatikan symbol yang tertera, karena bisa jadi wadah tersebut tidak aman digunakan dalam jangka panjang. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa symbol yang wajib diwaspadai, yakni :
No. 1: PETE atau PET (Polythylene Terephthalate)
Jika mendapati botol plastic memiliki symbol tersebut, artinya Anda hanya boleh menggunakan wadah sekali saja dan tidak boleh diisi ulang apalagi diisi air panas. Jangan coba-coba lakukan, karena dapat mengeluarkan zat karsiogenik/zat yang memicu kanker.
No. 2: HDPE (High Density Polythylene)
Tanda ini biasanya terdapat pada botol susu bayi, gallon, kursi, dan lainnya. Tanda tersebut artinya hanya boleh digunakan sekali sebagai kemasan pangan.
No. 3: V atau PVC (Polyvinyl Chloride)
Tanda diatas bisa diartikan bahwa wadah tidak bisa didaur ulang. Kandungan plastic bisa lumer atau bercampur makanan jika berada di suhu -15 derajat celcius dan berisiko sebabkan kerusakan hati dan ginjal.
No. 4: LDPE (Low Density Polythylene)
Wadah dengan tanda tersebut bisa diartikan sulit dihancurkan dan tidak bersahabat dnegan bumi. Akan tetapi lumayan baik untuk tempat makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan yang didalamnya.
Angka 5: PP (Polypropylene)
Wadah ini biasa digunakan untuk botol tempat obat, bungkus sereal, pipet dan pembungkus popato chips. Plastik dengan kode ini bisa dikatakan aman dan tidak berbahaya untuk kesehatan.
No. 6: PS (Polystyrene)
Kemasan plastic dengan kode ini biasa ada pada Styrofoam. Produk ini hanya baik digunakan sekali, karena dapat mengeluarkan senyawa berbahaya jika terpapar makanan bersuhu panas. Wadah berbahan ini harus dihindari karena mengganggu hormone estrogen, pertumbuhan, otak, dan juga system saraf.
Angka 7: Plastik jenis ini berbahan PC (Polycarbonate) atau bahan lainnya
Wadah bersimbol ini biasa ada pada botol minum bayi atau botol pendingin air. Wadah dnegan tanda ini bisa larut dalam makanan dan sebabkan gangguan atau kerusakan kromosom.
Nah, sudah jelas khan mengapa kita wajib waspada saat menggunakan wadah makanan berbahan plastic. Jangan sampai karena hal sepele ini, lantas kesehatan Anda sekeluarga yang jadi taruhannya. Semoga informasi yang berjudul Suka Menggunakan Wadah plastik untuk Makan/Minum? Kenali Bahayanya diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Source : meetdoctor
Loading...
Previous
Next Post »
loading...