Tetap Enjoy, Ini 7 Tips Jitu Menjaga Kewarasan Ibu Rumah Tangga

Jika disuruh memilih antara menjadi ibu rumah tangga atau berkarier, manakah yang akan Anda pilih? Menjadi ibu rumah tangga atau berkarier adalah pilihan masing-masing, dimana tiap pilihan ada konsekuensi yang harus dihadapi. Begitupun dengan pilihan menjadi Ibu rumah tangga yang tentunya ada banyak tantangan yang siap menghadang tiap harinya. Tiap hari di rumah mengurus anak, suami serta mengerjakan pekerjaan rumah yang itu-itu saja kadangkala membuat bosan dan stress.  Belum lagi pandangan “sebelah mata” dari orang lain pada ibu rumah tangga serta nyinyiran yang kadang bikin tidak nyaman. Jika tidak diatasi dengan baik, bisa jadi hal itu dapat memicu stress dan depresi. Untuk itu, ibu rumah tangga wajib banget menjaga kewarasan diri agar tetap enjoy menjalani aktivitasnya.  
menjaga kewarasan
Pengen tahu bagaimana cara menjaga kewarasan ibu rumah tangga? Langsung saja simak beberapa tips jitu berikut ini :

1. Jangan gampang terbebani

Rumah belum rapi, stress! Anak rewel, stress! Pekerjaan menumpuk, stress! 
Tenangkan dirimu dan jangan mudah menjadikan sesuatu sebagai “beban”. Selesaikan pekerjaan satu per satu dan sadarilah Anda bukan gurita yang memiliki banyak tangan sehingga mampu melakukan banyak pekerjaan sekaligus.  

2. Jangan banyak mengeluh

Masalah sama anak, mengeluh! masalah sama suami, mengeluh! masalah sama tetangga, mengeluh!
Mengeluh seringkali dilakukan sebagian ibu rumah tangga, padahal apa yang didapatkan dari semua itu? Hindari mengeluh karena dapat menghapus rasa ikhlas dan pastinya membuat Anda jadi orang yang membosankan. Apalagi jika Anda mengeluh di medsos yang kadang membuat sebagian orang merasa ilfill.

3. Nikmati waktu istirahatmu

Pekerjaan ibu rumah tangga memang tidak ada habisnya, jika dituruti pasti akan membuat ibu merasa kelelahan. Memaksakan diri melakukan pekerjaan pada saat capek justru aka membuatmu stress, emosi, bahkan dapat mengganggu kesehatan. Untuk itu, nikmatilah waktu istirahat yang cukup agar tubuhmu tetap sehat.

4. Lakukan hoby (me time)

Jika Anda memiliki hoby tertentu, jangan segan-segan untuk melakukannya di sela-sela kesibukanmu mengurus rumah tangga. Karena melakukan hoby dapat membuatmu enjoy dan menghapus lelah sehingga kamu akan kembali bersemangat menjalani tugasmu sebagai ibu rumah tangga. Terlebih lagi jika hobymu dapat menghasilkan uang, pastilah ini sangat menyenangkan, bukan!

5. Pelajari hal-hal baru

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti Anda hanya boleh melakukan hal yang monoton. Pelajari hal-hal baru yang mungkin dapat meningkatkan skill dan kemampuan diri sehingga kamu bisa lebih percaya diri lagi. Apalagi saat ini teknologi sudah dalam genggaman yang memudahkanmu dalam mendapatkan wawasan/pengetahuan baru. 

6. Gabung komunitas yang sesuai

Gabung komunitas yang sesuai bisa dilakukan untuk menambah kenalan, update ilmu kekinian dan pastinya bisa menjadi penghilang penat setelah beraktivitas seharian.  Tapi pastikan pilih komunitas yang benar-benar bermanfaat, bukan malah menyita waktu, tenaga dan pikiran Anda sehingga malah tambah stress.

7. Syukuri apapun pencapaianmu

Jika hari ini belum bisa melakukan pekerjaan/tugas sesuai target yang diinginkan, jangan megeluh dan jangan down. Tetaplah semangat, tetap syukuri apapun pencapaianmu dan tetaplah optimis, karena bisa jadi besok atau lusa, impianmu akan tercapai.  

Loading...
Previous
Next Post »