Loading...

Selfie Itu Wajib Bagi Muslim dan Muslimah

Istilah selfie tentulah bukan hal asing bagi semua orang. Selfie atau Swafoto atau foto narsis merupakan kegiatan memotret diri sendiri menggunakan beraneka jenis kamera. Beragam pose dilakukan demi mendapatkan gambar yang terbaik, itulah salah satu tujuan selfie.
Bicara masalah selfie atau swafoto, ternyata seorang muslim/muslimah punya cara selfie yang terbaik loh, yakni muhasabah. Jika selfie dapat memberikan kepuasan seseorang di dunia saja, maka muhasabah justru mendatangkan kepuasan di dunia dan akhirat.
Memotret diri sendiri aka selfi (muhasabah) dilakukan tanpa kamera mahal, meski demikian hasilnya akan jauh lebih sempurna bagi seorang muslim. Muhasabah sendiri berasal dari kata hasiba yahsabu hisab, yang secara etimologis berarti melakukan perhitungan. Muhasabah bisa diartikan sebagai upaya introspeksi/evaluasi diri apa yang sudah diperbuat dan amalan apa yang belum dan akan dilakukan.
"Dari Syadad bin Aus r.a, dari Rasulullah SAW, bahwa beliau berkata, "Orang yang pandai adalah yang menghisab (mengevaluasi) dirinya sendiri serta beramal untuk kehidupan sesudah kematian. Sedangkan orang yang lemah adalah yang dirinya mengikuti hawa nafsunya serta berangan-angan terhadap Allah SWT". (HR. Imam Turmudzi).

 
Muhasabah merupakan hal yang selalu dilakukan oleh para sahabat Nabi. Salah satu alasan yang membuat para sahabat bermuhasabah adalah karena sebuah hadits yang artinya :
Kedua kaki seorang hamba tidak akan bergeser pada hari kiamat sehingga ditanya tentang empat perkara: tentang umurnya, untuk apa dihabiskannya, tentang masa mudanya, digunakan untuk apa, tentang hartanya, dari mana diperoleh dan kemana dihabiskan, dan tentang ilmunya, apa yang dilakukan dengan ilmunya itu.” (HR. Tirmidzi).
Bahkan, saking pentingnya muhasabah, Umar bin Khaththab sering mengingatkan umat Islam agar selalu melakukannya, “Hasibu qobla an tuhasabu,” yang artinya adalah : hitunglah diri kalian sebelum datang hari perhitungan. (Baca juga : Mengapa kita wajib Beribadah)
Dengan rajin melaksanakan muhasabah, seseorang akan lebih bijak menggunakan setiap waktu, hari, serta umurnya di dunia ini demi meraih ridho Allah SWT.  Berikut ini merupakan manfaat muhasabah bagi muslim dan muslimah :
1. Kebiasaan muhasabah akan membuat seseorang mengetahui aib dan juga kekurangan diri, misalnya dalam hal amal ibadah, sifat buruk, dan lain sebagainya. Dengan begitu, seseorang akan berusaha memperbaiki apa yang dirasa masih kurang dalam dirinya.
2. Muhasabah akan membuat kita berhati-hati dan bijak dalam mengambil keputusan hidup, karena apa yang kita lakukan di dunia ini, baik kecil maupun besar akan dimintai pertanggungjawaban di akhirat kelak.
3.  Muhasabah akan membuat kita lebih bisa mewaspadai dan mengendalikan hawa nafsu demi akhirat.
4.  Muhasabah mendorong kita untuk lebih konsisten dalam melakukan amal sholeh dan kekhusyuán dalam beribadah
Gimana, sudah paham kan kenapa selfie itu wajib bagi muslim dan muslimah? Dengan muhasabah diri, maka hati kita lebih terjaga dari dunia yang melalaikan, mulut terhindar dari mengucapkan sesuatu yang buruk, dan perbuatan juga lebih terpelihara dari segala maksiat dan kemungkaran. Semoga bermanfaat ya!


Loading...
Previous
Next Post »
loading...