Loading...

Tips Agar Istiqamah Shalat Tahajud

Istiqamah shalat tajahud tidaklah mudah, karena ibadah sunnah ini memang cukup berat. Bagaimana tidak, disaat orang lain tengah lelap dibalik selimutnya, kita harus bangun dan merasakan dinginnya percikan air wudhu. Meski demikian, manfaat shalat tahajud sungguh luar biasa.
Tips agar istiqamah shalat tahajud harus Anda ketahui, karena melaksanakan shalat tahajud tidak semudah yang dibayangkan banyak orang. Melaksanakan shalat tahajud membutuhkan kesungguhan dan kebulatan tekad. Hal itu tentu tidak mudah merealisasikannya apabila tanpa seizin Allah SWT. Karena itu, banyak-banyaklah berdoa semoga Allah memberikan kemudahan bagi kita semua untuk istiqomah melaksanakan sejumlah ketaatan. (baca juga : Tips bangun malam untuk shalat tahajud)
Nah, agar bisa istiqamah menjalankan shalat tahajud, simak tips-tipsnya berikut ini :

1.    Usahakan untuk mencintai shalat lima waktu

Loh kok shalat lima waktu? Iya dong, langkah pertama tentunya kita harus mencintai shalat wajib. Nah, kalau yang wajib sudah mencintai, pastilah kita memiliki keinginan untuk menyempurnakannya dengan shalat sunnah. Lah, percuma saja kita ngoyo mendirikan shalat sunnah, kalau yang wajib aja kita abaikan. Betul nggak??

2.    Mengetahui tentang shalat tahajud, nilai pahalanya, keutamaannya, dan keajaiban didalamnya

Tak kenal maka tak sayang. Pepatah tersebut pantas kita terapkan dalam masalah ini. Kalau kita sudah mengenal tahajud dan segala sesuatu yang ada didalamnya, pastilah kita akan jatuh cinta dan sayang untuk melewatkannya. Tapi kalau hati Anda belum mencintai tahajud, berarti perkenalan Anda masih gagal. Silahkan coba lagi he he ehe… maksudnya coba gali lebih mendalam lagi tentang tahajud. (Baca : Keajaiban Shalat Tahajud)

3.    Memahami bahwa tahajud adalah kebutuhan

Semua manusia pasti ingin dekat dengan Allah. Nah, tahajud merupakan fasilitas terbaik untuk mendekatkan diri kepada_Nya. Di tengah malam, dimana kebanyakan orang memilih terlelap dalam mimpinya, saat itulah Allah turun ke bumi, karenanya jangan pernah melewatnya moment istimewa ini.
“Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia setiap sepertiga malam akhir. Ia lalu berkata: ‘Barangsiapa yang berdoa, akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku akan Aku beri. Siapa yang memohon ampun kepada-Ku, akan Aku ampuni. Hingga terbit fajar‘ ” (HR. Bukhari dan Muslim)

4.    Hindarilah berbuat dosa dan maksiat di siang hari

Apa hubungannya dosa dan shalat tahajud? Dosa dan maksiat yang Anda lakukan di siang hari dapat memperberat Anda bagun malam. Mungkin Anda bisa terjaga pada waktu malam, tapi tubuh akan berat melaksanakan shalat apabila kita terbiasa berbuat maksiat dan dosa di siang hari. Untuk itu, banyak-banyaklah beristighfar agar Allah mengampuni dosa dan kesalahan kita serta meringankan kita untuk melaksanakan shalat tahajud. (Baca juga : Manfaat Tahajud untuk kesehatan tubuh)

5.    Berniat dan bulatkan tekat untuk bangun malam

Niat sangatlah penting ketika kita ingin menjalankan shalat tahajud, terutama sebelum tidur. Jangan lupa juga, berdoalah pada Allah minta dibangunkan pada saat yang ditentukan. In sya Allah akan terkabul dan dimudahkan kok.
Okey dech, saya rasa cukup sekian saja tips dari saya. Semoga artikel tentang tips agar istiqomah shalat tahajud diatas dapat bermanfaat bagi kita semua dan menjadi pendorong bagi umat islam untuk lebih mencintai dan selalu mendekakan diri kepada Allah melalui ibadah shalat tahajud. Amiin. Wallahu A'lam Bish-Shawab

Loading...
Previous
Next Post »
loading...