Loading...

Manfaat Tersembunyi Dibalik Kulit Buah-Buahan yang Sering Dibuang

Musim kemarau terik begini, paling enak menikmati buah-buahan segar, baik dalam bentuk buah utuh maupun jus.  Ketika menikmati buah-buahan, kebanyakan orang memilih mengupas kulitnya dan membuangnya begitu saja. Padahal tanpa disadari, kulit buah-buahan yang dibuang tersebut justru mengandung manfaat yang besar untuk kesehatan. (Ternyata, biji buah-buahan ini bermanfaat loh)
Hem, kira-kira kulit buah apa saja sich yang banyak manfaatnya? Agar tidak salah lagi, intips yuk, beberapa jenis buah yang kulitnya justru bermanfaat bagi kesehatan berkut ini: (Waspadai, Bagian Buah Ini Mengandung racun)

Kulit anggur

Kulit anggur sangat kaya nutrisi dan zat penting, seperti : flavonoid yang bersifat antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk menangkal radikal bebas pemicu beberapa masalah kesehatan. Jadi manfaat kulit anggur, diantaranya : mencegah kanker, membuat kulit lebih awet muda, meningkatkan kekebalan tubuh, menetralisir racun, dan lain sebagainya. Meski demikian, pastikan kalian mencuci bersih buah anggur sebelum mengonsumsiny

Kulit apel

Kulit buah apel seringkali dibuang, padahal didalamnya terkandung serat dan Vitamin yang tinggi serta antioksidan yang bagus untuk kesehatan.

Kulit semangka

Kulit semangka seringkali berakhir di tempat sampah, padahal terdapat banyak manfaat didalamnya. Ternyata kulit semangka mengandung air yang melimpah dan likopen sehingga bermanfaat untuk menjaga kesegaran dan kelembutan kulit. Selain itu dalam kulit semangka juga mengandung kalium yang bermanfaat melancarkan aliran darah dan mencegah penyakit kardiovascular. Kandungan penting lainnya adalah adam amino yang membantu kerja hati dalam menetralisir racun yang berbahaya bagi tubuh.

Kulit jeruk

Mungkin Anda berpikir, bagaimana mungkin kulit jeruk memiliki manfaat? Jangan salah, ternyata banyak zat penting yang tersembunyi dalam kulit jeruk, diantaranya : flavonoid yang bermanfaat menghambat pertumbuhan sel kanker, flavonoid yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, serat tinggi yang membantu melancarkan pencernaan, Vitamin A dan C yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan masih banyak manfaat lainnya. Cara mengonsumsi kulit jeruk, yakni dengan cara memakan langsung atau dijemur kemudian diblender dan ditambah madu/gula.

Kulit kentang

Saat menikmati kentang, kebanyakan orang memilih mengupas kulitnya, padahal didalamnya terdapat nutrisi penting, diantaranya : Vitamin B, C, kalium, zat besi, potassium, dan mangan.

Kulit bawang merah/putih

Ternyata kulit bawang juga menyimpan kandungan penting loh, diantaranya flavonoid yang kaya antioksidan sehingga bagus untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kulit Melon

Kulit melon bisa dibilang kaya manfaat karena mengandung asam amino dan sitrulin yang membantu meningkatkan sirkulasi darah. Cara mengonsumsinya bisa di jus atau langsung bersama buahnya.

Kulit buah kiwi

Ternyata tidak hanya buahnya saja yang kaya manfaat, kulit kiwi juga mengandung antioksidan yang lebih tinggi dan zat anti kanker serta anti alergi.
Wah, ternyata banyak sekali manfaat dibalik kulit buah yang banyak berakhir di tempat sampah ya. Setelah mengetahui informasi ini, yuk jangan sia-siakan kulit buah yang kita konsumsi.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...