Loading...

Amalan yang Disunnahkan Saat Hari Raya Idul Fitri

Tak terasa, ramadhan akan segera berlalu, dan kini saatnya kita menyambut hari penuh kemenangan, Idhul Fitri. Rasanya sudah tidak sabar lagi menantikan moment istimewa berkumpul dengan keluarga. Kesibukan sudah mulai terasa, dari ramainya pusat-pusat perbelanjaan, pemudik yang mulai memadapi jalan raya, dan persiapan lainnya. (Rejeki Seret? Intip Penyebab dan Solusinya yuk!)
Tahukah Anda jika ternyata  ada banyak amalan yang disunnahkan saat hari raya idul fitri. Ingin tahu, apa sajakah amalan yang disunnahkan saat hari raya, simak informasinya berikut ini :

1.    Mandi

Mandi termasuk salah satu amalan yang disunnahkan pada hari raya Idul Fitri. Karena itu, jangan lupa mandi terlebih dahulu sebelum pergi solat ke masjid atau lapangan ya! (Ternyata, 9 Makanan Ini Tidak Boleh Masuk Kulkas Loh)

2.    Berhias yang rapi sebelum berangkat shalat

Sebelum berangkat solat idul fitri, disunnahkan untuk berhias agar terlihat bersih dan rapi, misalnya : mengenakan wewangian bagi laki-laki, berpakaian terbaik, dan lain sebagainya. Hal itu sebagaimana dalam hadits berikut : (Ucapan Lebaran yang Terbaik saat Idhul Fitri)
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Dan jika ada minyak wangi maka sentuhkanlah darinya (pada pakaian dan badan-pen). Serta hendaknya kamu bersiwak,” (H.R. Ibnu Majahno).

3.    Makan Sebelum Salat Idul Fitri

Ternyata ada satu hal yang disunnahkan sebelum salat Idul Fitri, yakni : makan. Apakah yang disunnahkan untuk dimakan? Diutamakan makan beberapa buah kurma dengan bilangan ganjil. Hal itu sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadis berikut,
Dari Anas radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tidak keluar untuk salat Idul Fitri, sehingga Beliau makan beberapa kurma,” (H.R. al-Bukhari).

4.    Melewati Jalan yang Berbeda ketika Berangkat dan Pulang dari Salat ‘Ied

Satu lagi amalan yang disunnahkan saat hari raya, yakni melewati jalan yang berbeda ketika berangkat dan pulang shalat Idhul Fitri.
Dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Adalah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, ketika hari ‘Id, Beliau mengambil jalan yang berbeda ketika berangkat dan pulang,” (H.R. Al Bukhari di dalam Bab Al ‘Idain).

5.    Bertakbir

Bertakbir termasuk salah satu amalan yang disunnahkan saat hari raya. Kapan kita mulai disunnahkan bertakbir? Dimulai sejak kita keluar dari rumah menuju ke lokasi shalat Idhul Fitri. Hal tersebut sebagaimana terdapat dalam firman Allah Azza wa Jalla,
“Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu (bertakbir) mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur,” (Q.S. al-Baqarah: 185).
Semoga informasi tentang amalan yang disunnahkan saat Hari Raya Idhul Fitri di atas membuat kita semakin semangat menjalankan apa yang dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Amiin..

Loading...
Previous
Next Post »
loading...