Kebiasaan Sehari-hari yang Meningkatkan Risiko Diabetes

Diabetes termasuk penyakit yang sangat populer saat ini, karena tidak hanya menyerang orang dewasa, tapi remaja dan juga anak-anak. Selain factor keturunan, gaya hidup tidak sehat ditengarai menjadi pemicu utama peningkatan jumlah penderita diabetes. Lalu apakah ketika kita sudah menjaga pola makan yang sehat dan rajin olahraga, lantas kita akan terbebas dari diabetes? Tidak, karena ternyata ada beberapa kebiasaan yang tidak disadari justru meningkatkan risiko diabetes. (Mengerikan, Ini Efek Buruk Diabetes Jika Tidak Diobati)
Hem, pasti Anda bingung, kira-kira kebiasaan apa sajakah yang meningkatkan risiko diabetes. Untuk lebih jelasnya, simak informasinya berikut ini :

1.    Begadang

Tidur merupakan cara terbaik mengistirahatkan organ tubuh dan membantu proses metabolism tubuh. Sebaliknya, begadang dapat membahayakan kesehatan, termasuk salah satunya meningkatkan risiko diabetes. Karena berdasarkan sebuah penelitian, disebutkan jika tidur tidak berkualitas dapat mengganggu proses metabolism yang membuat risiko diabetes meningkat. (Kebiasaan Buruk Pemicu Penyakit Jantung)

2.    Menonton TV berjam-jam

Duduk terlalu lama saat menonton TV atau bermain game akan membuat tubuh menyimpan lemak visceral atau lemak penambah lingkar pinggang. Padahal menurut sebuah studi di University of Washington, penumpukan lemak di sekitar pinggang dapat meningkatkan risiko terkena diabetes.

3.    Kekurangan Vitamin D

Vitamin D termasuk vitamin yang membantu pancreas dalam menghasilkan insulin dan membantu mengatur kadar gula darah. Jadi meskipun Anda memiliki berat badan normal atau terlihat sehat, namun jika Anda mengalami kekurangan vitamin D, bisa jadi risiko diabetes siap mengancam kesehatan Anda. (13 Makanan Untuk Mencegah Kanker Payudara)

4.    Sering stress

Seorang yang sering stress memiliki risiko menderita diabetes tipe 2 hingga 45%. Stress yang berat dapat mendorong pelepasan hormone kortisol yang membuat system tubuh kacau dalam mempertahankan kadar gula darah pada posisi normal.

5.    Menahan lapar

Dengan alas an takut gemuk, beberapa orang suka menghindari sarapan atau makan siang. Sayangnya kebiasaan tersebut justru membuat gula darah menjadi tidak stabil. Kondisi tersebut akan membuat Anda mengonsumsi makanan atau cemilan tidak sehat sehingga kadar gula darah akan lebih sulit dikendalikan.
Hem, ternyata banyak kebiasaan yang tak terduga justru meningkatkan risiko diabetes. Semoga informasi diatas membuat kita lebih memahami pentingnya menjaga pola hidup dan pola makan yang sehat agar terhindar dari risiko penyakit berbahaya, termasuk diabetes.


Loading...
Previous
Next Post »
loading...