Loading...

Bahaya Gadget Bagi Kesehatan Anggota Tubuh


Pernahkah Anda mengalami masalah kesehatan yang berhubungan dengan kepala, leher, punggung, bahu, atau kaki? Waspadai, karena bisa jadi ada satu aktivitas rutin yang memicu kondisi tidak nyaman pada tubuh Anda, salah satunya : menggunakan gadget. Seperti yang kita tahu, saat ini gadget merupakan kebutuhan pokok bagi semua orang, baik dari kalangan anak-anak hingga dewasa.(Alasan orang tua wajib berteman dengan anak di media sosial)
gambar/www.actual.com
Ternyata penggunaan gadget dapat memberikan dampak yang luar biasa bagi tubuh. Semakin banyak kita menggunakan gadget, maka semakin banyak stress yang akan dialami tubuh. Kenapa hal itu bisa terjadi? Gadget membuat seseorang jadi malas bergerak dan mereka lebih memilih menghabiskan waktunya di depan layar. Kurangnya aktivitas membuat beberapa masalah kesehatan siap menyerang. Hem, kira-kira apa sajakah bahaya gadget bagi kesehatan tubuh? Simak yuk…

Beresiko Mengalami Tulang Belakang Bengkok

Kebiasaan menunduk ketika menggunakan gadget dapat mempengaruhi postur tubuh. Tekanan berlebihan pada bagian leher saat menunduk tidak hanya memicu rasa nyeri pada punggung, tapi juga dapat memberatkan tulang belakang. Jika dilakukan terus menerus dan dalam jangka waktu panjang, maka seseorang akan mengalami tulang belakang bengkok.

Nyeri tangan dan jari

Gadget membuat kita melakukan gerakan yang sama dan berulang-ulang, misalnya : saat mengetik di handphone, atau tablet. Pada saat itu, tangan, lengan dan jari tangan mengalami tekanan yang berlebihan sehingga mengakibatkan cedera otot dan syaraf. Cedera yang paling umum dialami tangan adalah sindrom carpal tunnel, yakni cedera akibat adanya tekanan yang berlebihan pada pergelangan tangan.

Beresiko Mengalami gangguan kesehatan mata

Mata yang digunakan untuk menatap layar gadget, seperti : laptop, tablet, atau smartphone terlalu lama dan tanpa istirahat dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada mata, diantaranya : mata kering dan panas. Selain itu, terlalu lama menggunakan gadget juga membuat mata lelah, merah dan gangguan penglihatan lainnya. Pada anak, penggunaan gadget terlalu lama dalam jarak dekat dapat menyebabkan mata minus.

Mengganggu kesehatan mental

Posisi membungkuk saat menggunakan gadget tidak hanya mempengaruhi tulang, tapi juga kesehatan mental Anda. Posisi membungkuk membuat sirkulasi darah dan oksigen ke seluruh tubuh jadi terhambat, sehingga membuat seseorang jadi mudah depresi, stress atau marah.

Obesitas atau kegemukan

Penggunaan gadget dalam waktu lama dan terus menerus dapat memicu kebosanan. Untuk mengusir kebosanan, biasanya cemilan yang paling dipilih. Bayangkan jika terjadi terus menerus, sudah pasti kegemukan dan berbagai risiko penyakit siap mengancam Anda.
Memahami bahaya akibat menggunakan gadget terllau lama diatas, maka kita harus mulai bijak memanfaatkan gadget. Sebisa mungkin, istirahatkan tubuh dari gadget sebentar dengan olahraga atau aktivitas lain yang membuat otot kita lebih lemas/lentur.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...