Bercak Putih Pada Bibir dan Lidah Bayi, Berbahayakah?

Pernahkah Anda mendapati bercak warna putih pada mulut dan lidah bayi? Keberadaan bercak putih tersebut kadangkala membuat para orang tua cemas dan takut. Sebenarnya apa sich penyebab munculnya bercak putih pada bibir bayi dan bagaimana cara mengatasinya? Bercak putih pada bayi biasa disebut sebagai oral trust, letaknya biasa di lidah, mulut, gusi, bahkan bisa juga pada selaput lendir pipi. (BAhaya Gadget bagi Kesehatan tubuh)
Bercak putih/mediskus.com

Penyebab bercak putih

Umumnya, penyebab bercak putih pada mulut bayi ada dua, yakni endapan susu formula dan akibat infeksi jamur. Pada bayi ASI, bercak putih umumnya jarang terjadi, meski demikian menjaga kebersihan mulut dan lidah bayi harus tetap dilakukan agar pencernaan bayi tetap sehat.

Mitos Bercak Putih pada mulut bayi

Terdapat mitos yang sudah dipercaya turun menurun bahwa bercak putih pada mulut bayi merupakan akibat ibu mengonsumsi makanan/minuman panas.  Makanya begitu melihat mulut bayi putih, orang tua jaman dahulu akan langsung menegur atau menasihati ibu bayi agar tidak makan/minum panas. Bagi ibu baru yang kurang pengalaman dan pengetahuan, pastilah mereka akan langsung percaya dan tidak berusaha mengatasi masalah pada bayi.

Bahaya jika bercak putih tidak diatasi

Bercak putih pada mulut bayi akibat endapan susu tidaklah berbahaya, meski begitu harus segera diatasi agar tidak parah dan memicu infeksi jamur yang mengganggu pencernaan bayi. Untuk mengatasi, Anda bisa mengelap mulut bayi setelah minum susu formula dan rutin membersihkan mulut serta lidah bayi menggunakan kasa steril yang dililitkan pada jari telunjuk, kemudian celupkan pada air hangat dan usap perlahan pada bercak putih.

 Waspadai apabila bercak putih membandel

Anda harus segera mewaspadai jika bercak putih pada mulut bayi sifatnya membandel/sulit dihilangkan dan jumlahnya bertambah serta membuat bayi rewel ketika menyusu, karena bisa jadi hal itu akibat jamur candida albicans. Segera konsultasikan ke dokter specialis anak agar masalah bercak putih pada mulut bayi Anda bisa segera diatasi.

Bahaya Pada Ibu Menyusui

Ternyata masalah bercak putih akibat jamur candida albican pada bayi juga bisa mengancam ibu menyusui, karena infeksi jamur pada mulut bayi bisa menginfeksi puting susu ibu. Akibatnya puting suus ibu mudah lecet, kemerahan dan terasa perih. Nah untuk mengatasinya, pengobatan harus dilakukan bersamaan. Biasanya dokter akan memberikan resep krim oles untuk ibu dan obat tetes untuk mulut bayi. Memahami bahaya yang terjadi, maka ada baiknya para ibu senantiasa menjaga kebersihan payudara dan mulut bayi.
Semoga informasi tentang bercak putih pada mulut dan lidah bayi diatas dapat menambah wawasan bagi kita semua, khususnya para ibu baru maupun calon ibu.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...