8 Cara Alami dan Cepat Atasi Flu atau Pilek

Di Musim pancaroba seperti ini, kita harus senantiasa menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai ganguan kesehatan, salah satunya flu dan pilek. Terjadinya flu dan pilek disebabkan infeksi virus pada alat pernafasan,  seperti : hidung, tenggorokan maupun paru-paru. Penyakit flu dan pilek bisa menular dan menyerang siapa saja tanpa peduli usia. Cara penyebaran virus flu ini juga beragam, diantaranya melalui : minuman, kontak langsung dengan penderita, bersin, batuk, alat makan, dan lain sebagainya. Saat flu seseorang akan mengalami beberapa gejala yang mengganggu, antara lain : demam, badan menggigil, nyeri tenggorokan, batuk, sakit kepala, nyteri otot, dan lain sebagainya. (Rahasia Manfaat Daging kambing untuk Kesehatan)
Flu/obatflu.org
Meskipun flu dan pilek bukanlah penyakit berat, namun jika tidak diatasi dengan baik justru dapat mengganggu aktivitas Anda. Saat ini sudah banyak obat-obatan yang mengklaim mampu mengatasi flu dan pilek dengan cepat. Meski begitu, obat kimia tentulah mengandung efek samping yang kurang baik bagi kesehatan Anda, bukan? Nah, agar tidak salah langkah, simak 8 cara cepat mengatasi flu dan pilek secara alami berikut ini : (Penyebab Bau Mulut yang Wajib Anda Ketahui)

1.    Banyak minum air putih

Air putih memiliki banyak khasiat, diantaranya membantu membersihkan tenggorokan dari kuman penyebab flu. Selain itu, dengan banyak minum air putih, maka tubuh Anda akan lebih segar dan bugar. (Buat Kaki Putih dan mulus dengan 7 Bahan Alami Ini)

2.    Ganti minum air dingin dengan air hangat

Air dingin memperburuk kondisi Anda saat flu, misalnya : hidung jadi lebih mampet, tenggorokan semakin terganggu, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, ganti air dingin dengan air hangat, karena air hangat dapat membantu mengencerkan lender di hidung sehingga pernafasan lebih lancar dan melegakan tenggorokan. (Atasi Masalah bau Badan dengan Cara Ini)

3.    Istirahat yang cukup

Kelelahan akan membuat system kekebalan tubuh Anda menurun drastic sehingga flu dan pilek akan semakin memperburuk kondisi Anda. Untuk itu, pastikan Anda atur istirahat yang cukup. (Stop Buang Biji Semangka, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan)

4.    Banyak makan buah dan sayur

Buah dan sayuran mengandung vitamin, antioksidan dan nutrisi lainnya yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh siap melawan serangan virus penyebab flu dan pilek. (Wow, 8 Sumber bakteri ada di Dapur Anda)

5.    Minum Madu

Madu merupakan antibiotik alami yang ampuh mengalahkan kuman penyebab flu dan pilek. Madu tidak hanya cocok untuk orang dewasa, tapi juga anak-anak. Berikan madu agar masalah flu dan pilek segera teratasi.

6.    Manfaatkan rempah-rempah berkhasiat

Saat flu dan pilek, terkadang nafsu makan Anda akan menurun karena tenggorokan terasa sakit dan hidung juga mampet. Untuk membantu melegakan, Anda bisa konsumsi rempah-rempah yang berkhasiat menghangatkan tubuh, diantaranya : jahe, kencur, sereh, dan lainnya.

7.    Manfaatkan aroma bawang

Bawang tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu penyedap masakan, tapi juga bisa membantu melegakan pernafasan dan menyerap virus penyebab flu. Caranya cukup potong bawang menjadi dua bagian, kemudian letakkan di dekat tempat tidur Anda. Biarkan semalam, dan keesokan hari Anda bisa menggantinya dengan yang baru.

8.    Berkumur

Berkumur sangat penting dilakukan saat flu dan pilek menyerang, karena dapat membersihkan bakteri jahat yang bersarang di mulut agar tidak masuk ke tenggorokan. Caranya : campurkan air hangat dnegan sedikit garam dan cuka apel, lalu gunakan untuk berkumur hingga bersih.
Ternyata untuk mengatasi flu dan pilek bukanlah hal yang sulit bukan? Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...