Awas,7 Kebiasaan Ini Dapat memicu Kerusakan Jantung

Pernahkah Anda membayangkan bagaimana jika jantung Anda berhenti berdetak? Jantung bisa dikatakan sebagai sumber kehidupan, oleh karena itu kita wajib menjaga dan merawatnya agar selalu sehat dan bisa berfungsi dengan baik. Sayangnya masih banyak orang yang kurang mengetahui bagaimana cara menjalankan gaya hidup dan pola makan yang sehat, sehingga ancaman penyakit jantung siap mengintai kapan saja.
Jantung/healtdetik.com
Selain menerapkan gaya hidup dan pola makan yang sehat, ternyata ada beberapa kebiasaan sehari-hari  yang harus kita hindari karena dapat memicu kerusakan jantung. Hem, pasti penasaran, kira-kira kebiasaan apa sajakah yang dapat memicu kerusakan jantung? Simak informasinya berikut ini : (Waspadai, 5 Makanan Ini Pemicu Kerusakan Jantung)

1.    Menonton Televisi Terlalu lama

Sering menghabiskan waktu lama di depan Televisi? Jangan remehkan kebiasaan tersebut, karena terdapat penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of American College tahun 2011 bahwa kebiasaan tersebut dapat memicu kerusakan jantung. Saat nonton TV paling nikmat jika ditemani cemilan, bukan? Bayangkan saja, sudah tubuh Anda kurang gerak, ditambah lagi cemilan, bisa dipastikan berat badan akan terus bertambah. (Manfaat Mandi Air Dingin Di Pagi Hari Untuk Kulit dan rambut)
Bahkan dalam journal tersebut juga disebutkan, meskipun Anda sudah rajin berolahraga secara teratur, namun masih suka menonton TV hingga 4 jam setiap harinya, maka risiko serangan jantung akan tetap naik.

2.    Olahraga secara berlebihan

Pasti Anda heran, bagaimana mungkin Olahraga bisa menyebakan kerusakan jantung?  Olahraga memang menyehatkan badan, namun jika dilakukan berlebihan tentu dapat memperberat kinerja jantung. Jika dilakukan terus menerus, maka jantung Anda akan semakin lemah. (Waspadai Warna dan Tekstur Darah Haid, Menunjukkan Kesehatanmu)

3.    Makan Berlebihan

Selain memilih makan yang sehat dan bernutrisi, Anda juga wajib menjaga porsinya yang tepat. Sayangnya masih banyak orang yang suka mengumbar nafsu makannya, padahal makan berlebihan dapat menyebabkan obesitas yang dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan jantung. 

4.    Malas gosok gigi

Menjaga kebersihan mulut dan gigi tidak hanya menghindarkan Anda dari masalah kesehatan gigi, tapi juga meminimalisir risiko kerusakan jantung. Malas gosok gigi membuat kotoran dan bakteri menyebar melalui pembuluh darah dan memicu kerusakan jantung.

5.    Me*okok dan minum al*ohol

Me*okok dan minum al*ohol dalam jumlah sedikit sekalipun tetaplah  mengancam kesehatan jantung Anda, karena itu wajib bagi Anda untuk menghindari kebiasaan buruk tersebut.

6.    Jarang olahraga

Olahraga membantu tubuh membakar kalori yang mencegah dari obesitas. Selain itu, olahraga dapat melancarkan sirkualsi darah dan memenuhi pasokan oksigen dalam tubuh sehingga jantung lebih sehat. Bayangkan jika Anda malas berolahraga, sudah tubuh gemuk, sirkulasi darah tidak lancer yang secara otomatis berbagai masalah jantung siap mengancam Anda.

7.    Suka makanan asin

Mengonsumsi makanan yang mengandung garam berlebih dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Jika tidak diatasi dengan baik, kondisi tersebut akan menyebabkan kerusakan jantung maupun stroke.
Mengingat besarnya bahaya penyakit jantung, ada baiknya Anda melakukan upaya pencegahan sejak dini dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak jantung diatas. Semoga bermanfaat.


Loading...
Previous
Next Post »
loading...