Loading...

Tak Terduga, Ternyata Puasa Berikan Manfaat Menakjubkan Untuk Ibu Hamil dan Janin

Cinta Putih Zahraa - Puasa saat hamil atau menyusui? Hamil dan Menyusui merupakan moment penuh berjuangan bagi para wanita. Untuk itulah tak mengherankan jika islam sendiri memberikan keringanan bagi ibu hamil/menyusui jika ingin absen berpuasa ramadhan.  Akan tetapi, kadang karena merasa mampu, malas membayar hutang puasa sendiri atau mungkin karena tidak rela kehilangan kesempatan mendapatkan pahala melimpah di bulan ramadhan, maka sebagian wanita memilih untuk tetap berpuasa. Tidak mengapa jika ibu hamil dan menyusui ingin berpuasa, asalkan mereka harus memperhatikan kesehatan diri dan juga bayinya. Jangan memaksakan diri jika memang secara medis, dokter sudah mengatakan jika kondisi kesehatan Anda dan bayi tidak mendukung. Namun jika itu hanya ketakutan Anda semata, maka berusahalah untuk melawannya, karena ternyata puasa ramadhan itu memberikan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan Anda dan juga janin dalam kandungan.Ibu Menyusui Harus Berhenti Puasa Apabila…
puasa saat hamil/menyusui
 Benarkah demikian? Agar lebih jelasnya, simak beberapa manfaat menakjubkan puasa untuk ibu hamil dan janin, berikut ini : Wanita! Jangan Sedih, Ini Cara Panen Pahala Saat Haid

Melatih kesabaran buah hati sejak dini

Puasa memberikan dampak yang luar biasa, yakni melatih kesabaran buah hati sejak dini (janin dalam kandungan maupun bayi). Jika sedini mungkin dia sudah dilatih untuk bersabar, maka kedepannya akan memudahkan dalam mendidiknya beribadah (puasa). Puasa membangun kekompakan antara ibu dan buah hati untuk saling menguatkan satu sama lain. Jangan lupa untuk terus mensugesti diri dan janin dalam kandungan/bayi bahwa kalian kuat dan kalian pasti bisa. Niat positif, pasti akan menghasilkan sesuatu yang positif. Alasan Penting Mengapa Lelaki Tidak Boleh Memakai Emas

Mencegah penyakit degenerative ibu dan janin

Puasa tak hanya bernilai ibadah, tapi juga bermanfaat mencegah penyakit degeneratif pada ibu dan janin dalam kandungan, seperti : kolesterol, jantung koroner, dan diabetes.

Meningkatkan jumlah sel darah putih

Puasa secara rutin saat ramadhan bermanfaat meningkatkan jumlah sel darah putih pada ibu hamil sehingga kondisi ini ampuh meningkatkan system kekebalan tubuh dan menjauhkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Memperbaiki system pencernaan

Puasa memberikan jeda waktu istirahat untuk system pencernaan sehingga tubuh bisa memperbaiki fungsi organ cerna agar semakin maksimal.

Proses detoksifikasi/membersihkan racun dalam tubuh

Puasa bagi ibu hamil/menyusui juga bermanfaat untuk membersihkan tubuh dari racun dan kotoran/detoksifikasi.

Mencegah obesitas

Saat puasa, tubuh mengalami penurunan glukosa sehingga dapat membantu menjaga berat badan agar senantiasa ideal dan terhindar dari obesitas.

Tapi bagi Ibu Hamil, apakah Janin tidak kelaparan jika ibunya berpuasa?

Mungkin banyak yang bertanya, apakah janin dalam kandungan tidak kelaparan saat ibu berpuasa? Ternyata janin tetap mendapatkan nutrisi meskipun ibunya berpuasa. Janin mendapatkan asupan makanan dari plasenta melalui aliran darah. Jadi, asalkan ibunya sudah memenuhi asupan nutrisi setiap harinya (karbohidrat, protein, lemak, vitain, dan mineral penting lainnya), maka tak perlu khawatir berlebihan jika ingin puasa. Bahkan, sejumlah penelitian menyebutkan jika puasa ramadhan tidak memiliki dampak buruk untuk tumbuh kembang janin maupun kecerdasan otaknya.

Untuk Ibu Menyusui, Ini Tips Agar ASI tetap powerfull dan Anda tidak kelaparan saat puasa

Saya akan membagikan tips yang berasal dari pengalaman saya berpuasa saat menyusui agar ASI powerfull dan tidak kelaparan, yakni :
•    Happy
Kenapa harus happy? Karena perasaan bahagia akan meningkatkan produksi ASI. Sebaliknya, jangan stress/cemas/khawatir, karena hanya akan menurunkan produksi ASI dan pastinya buat Anda merasa lelah/mudah kelaparan
•    Mengakhirkan sahur
Jika orang lain sudah stop makan menjelang subuh, maka ibu menyusui boleh tetap ngemil. Tapi pastikan konsumsi makanan bergizi seimbang agar kebutuhan Anda dan janin terpenuhi.
•    Konsumsi suplemen pelancar ASI
Jangan lupa untuk konsumsi suplemen pelancar ASI agar tetap powerfull alias bancar. Saya memilih Sari kurma dan habatussauda, karena simple dan mudha didapatkan.
•    Hemat tenagamu
Sudah menyusui ditambah lagi puasa, maka sudah pasti menguras energy Anda. Maka itu, hemat tenagamu ya Bunda, jangan terlalu capek agar tak sampai mengganggu puasamu.
Semoga informasi yang berjudul Tak Terduga, Ternyata Puasa Berikan Manfaat Menakjubkan Untuk Ibu Hamil dan Janin diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
gambar : http://infosehatwanita.com
Loading...
Previous
Next Post »
loading...