Loading...

Tips Mengendalikan Marah

Tips mengendalikan marah harus dipahami semua orang karena marah bisa datang sewaktu-waktu tanpa bisa diprediksi kehadirannya. Marah merupakan sifat alami manusia ketika mendapati sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan. Meskipun marah itu suatu kewajaran, namun banyak mudharat yang ada didalamnya, karena itu Allah memberikan imbalan yang besar bagi hamba_Nya yang mampu mengendalikan amarahnya, sebagaimana dalamm hadits yang artinya : (baca juga : Misteri Marah)
“Barang siapa yang dapat menahan amarahnya, sementara ia dapat meluapkannya, maka Allah akan memanggilnya di hadapan segenap mahluk. Setelah itu, Allah menyuruhnya memilih bidadari surga dan menikahkannya dengan siapa yang ia kehendaki.” (HR Ahmad).
Mengendalikan amarah bukan hal yang mudah dilakukan, apalagi kalau hal yang memancing amarah adalah menyangkut harga diri. Hemm.. agar tidak kesulitan, simak tips mengendalikan marah berikut ini :
1.    Berusaha meredam amarah apabila telah muncul dan selalu ingat apa yang disukai Allah.
Allah SWT berfirman, ” … dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memberi maaf orang lain, dan Allah mencintai orang-orang yang berbuat kebaikan.” (QS Ali Imran:134).
2.    Ketika amarah muncul, segera berlindung kepada Allah
Nabi SAW bersabda, “Jika seseorang yang marah mengucapkan; ‘A’uudzu billah (aku berlindung kepada Allah SWT) niscaya akan reda kemarahannya.” (HR Ibu ‘Adi dalam al-Kaamil.)
3.    Berusaha untuk Diam dan tidak mengumbar kata-kata, karena diam akan menghentikan suasana yang memanas karena marah.
Sabda Rasulullah SAW.“Jika salah satu di antaramu sedang marah hendaklah ia diam (Rasulullah saw. mengulanginya 3 kali).(HR Ahmad) (Baca juga : Doa Ibu Mampu menembus langit, demikian juga sumpahnya)
4.    Berubah posisi ketika marah mulai menyapa.
Nabi SAW bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian marah ketika berdiri, maka hendaklah ia duduk. Apabila marahnya tidak hilang juga, maka hendaklah ia berbaring.” (HR Ahmad).
5.    Redam amarah dengan berwudhu atau mandi. Pada saat marah, darah kita mendidih, karenanya air wudhu dapat mendinginkannya.
Rasulullah SAW. bersabda,
“Marah itu dari setan, dan setan diciptakan dari api, dan api padam oleh air. Maka jika seorang marah hendaknya ia berwudhu”.(HR Ahmad)
6.    Sabar dan segera memohon ampun kepada Allah.
Allah SWT memuji para hamba-Nya “… dan jika mereka marah mereka memberi maaf.” (QS Asy-Syuura:37).
7.    Mengingat keutamaan menahan amarah
Rasulullah SAW bersabda,“Siapa yang menahan amarah, padahal ia dapat melampiaskannya, maka kelak pada hari kiamat Allah akan memanggilnya di depan semua mahkluk, kemudian disuru memilih bidadari sekehendaknya.”(HR Abu Daud dan Tirmidzi)
Marah tidak hanya membahayakan bagi orang lain, tapi juga bagi dirinya sendiri, karena itu hindari marah meski apapun alasannya. Semoga setelah membaca artikel tentang Tips mengendalikan marah diatas, kita semakin bijak dalam mengendalikan amarah dan menjadi pribadi yang pemaaf.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...