Cegah Asam Urat Kambuh Lagi, Ini 5 Cara Sederhana yang Harus Dilakukan

 Pernah merasakan nyerinya persendian akibat asam urat tinggi? Penyakit asam urat sangat mengganggu, karena dapat menghambat aktivitas seseorang. Mungkin banyak yang ingin tahu, sebenarnya apa itu asam urat dan apakah asam urat bisa disembuhkan total dan tidak kambuh lagi? Sebenarnya asam urat merupakan zat sisa pembuangan yang terbentuk secara alami dalam tubuh. Harusnya, zat ini dibuang secara otomatis oleh tubuh, akan tetapi jika jumlahnya terlalu banyak maka akan menumpuk dan mengendap dalam tubuh sehingga menjadi penyakit asam urat. 
agar asam urat tidak kambuh

Apakah asam urat bisa disembuhkan total tanpa kambuh lagi?

Banyak yang penasaran, apakah penyakit asam urat bisa disembuhkan secara total tanpa kambuh lagi? Ternyata asam urat berlebih akan menumpuk di persendian sehingga menyebabkan nyeri dan sakit yang amat sangat. Oleh karena itu, sebaiknya seseorang selalu menjaga kadar asam uratnya agar tetap seimbang dan tidak sampai menyakitkan. Ketika seseorang sudha pernah kena asam urat tinggi, maka akan berpotensi kambuh lagi jika tidak dikontrol dengan baik. Jadi intinya, asam urat tidak bisa disembuhkan total, tapi bisa dikendalikan agar tidak sampai kambuh lagi. Bahkan asam urat yang mengendap terus menerus di persendian dapat berisiko sebabkan kerusakan jaringan persendian.

Cara Mencegah Asam Urat Kambuh Lagi

Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah asam urat kambuh lagi, diantaranya adalah :

Menjaga pola makan yang tepat

Penyebab asam urat tinggi yang utama adalah makanan, maka itu pastikan jangan pernah lupa untuk menjaga pola makan sehat agar asam urat tidak kambuh. Hindari beberapa makanan penyebab asam urat, seperti : jerohan, kerang, garam, makanan manis, makanan berlemak, dan lainnya.

Perbanyak minum air putih

Kurang minum air dapat memicu penumpukan asam urat, maka itu pastikan minum air cukup tiap hari agar tubuh bisa mengeluarkan asam urat di tubuh.

Perbanyak konsumsi makanan pencegah asam urat

Ada beberapa makanan yang ampuh membantu menurunkan asam urat dalam tubuh, diantaranya : jeruk, apel, ceri, dan stroberi.

Rutin olahraga rutin

Olahraga tidak hanya membantu menjaga kebugaran tubuh, tapi juga melatih persendian agar tidak kaku/mudah sakit.

Minum obat asam urat secara rutin

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menurunkan asam urat adalah dengan minum obat sesuai rekomendasi dokter. Lakukan hal ini secara rutin agar asam urat tidak kambuh lagi.
Ternyata untuk mencegah asam urat kambuh tidaklah sesulit yang dibayangkan ya! Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita samua.

Loading...
Previous
Next Post »