Manfaat Menutup Aurat Secara Sempurna

Menutup aurat bagi wanita adalah wajib hukumnya, karena Allah sendiri yang memerintahkannya, sebagaimana terdapat dalam ayat Al Quran yang artinya :
"Katakanlah kepada wanita yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya, memelihara kemaluannya dan menutup kain kerudung ke dadanya. Janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka tau ayah mereka, atau ayah suami mereka atau anak-anak mereka."(QS. An-Nur : ayat 31)
Apa yang tertera dalam Al Quran tentulah mengandung petunjuk dan juga manfaat yang besar apabila dijalankan dengan benar. Menutup aurat yang baik bisa dilakukan dengan cara memakai pakaian yang tidak menunjukkan lekuk tubuh, tidak tembus pandang, tidak menampakkan aurat (bagian tubuh selain muka dan telapak tangan), dan tidak menarik perhatian orang lain. (Bahaya Tabarruj dan Ikhtilath)
Nah, agar lebih jelasnya, simak keistimewaan dan manfaat menutup aurat secara sempurna untuk kita berikut ini :

•    Terhindari dari dosa akibat mengumbar aurat

Allah yang memerintahkan para wanita untuk menutup auratnya dengan sempurna di hadapan non muhrim, karena itu akan berdosa apabila kita melanggarnya. Dengan berhijab sempurna, otomatis kita akan terhindar dari dosa akibat mengumbar aurat. (Waspadai Dayuts di zaman modern)

•    Terhindar dari fitnah dan pandangan negatif

Bagaimana pandangan Anda pada wanita yang suka membuka auratnya secara terang-terangan? Dengan pakaian yang sempurna menutup aurat, kita akan terhindar dari pandangan, fitnah, atau tuduhan miring.

•    Mencegah timbulnya hawa na*su, baik dari lawan jenis maupun sesama jenis

Pada umumnya, semua lelaki normal pasti akan terangsang ketika melihat wanita cantik dengan penampilan yang terlihat auratnya, misalnya : pakaian se*si, ketat, celana/rok pendek, dan lain sebagainya. Dengan pakaian hijab sempurna, tentulah pandangan penuh nafsu dapat meminimalisir.

•    Terlihat sebagai orang baik

Menutup aurat dengan sempurna ditambah dengan hiasan akhlak yang baik dan mulia tentulah akan membuat Anda dipandang sebagai orang baik dan terhormat. Berbeda dengan wanita yang suka mengumbar auratnya yang sering dianggap sebagai wanita murahan atau pel*cur, atau wanita penggoda. (Tabarruj dan ikhtilah, kesalahan wanita yang seringkali tidak disadari)

•    Melindungi tubuh dari pengaruh buruk lingkungan

Pakaian yang tertutup sempurna dapat melindungi tubuh Anda dari pengaruh buruk lingkungan, misalnya panas matahari yang menyengat, asap dan polusi yang merusak kulit, debu dan kotoran, dan hawa dingin yang menyerang. (Selfie itu wajib bagi muslimah)

•    Melindungi diri dari berbagai tindak kejahatan

Wanita dengan penampilan se*si, glamour, dan mewah pasti lebih rentan menjadi korban tindak kejahatan dibandingkan dengan wanita dengan penampilan sederhana yang tidak menarik di mata penjahat.

•    Mencegah serangan penyakit dan gangguan kesehatan

Berbagai gangguan kesehatan siap mengancam seseorang yang suka mengumbar auratnya di tempat terbuka, antara lain : kanker kulit, penyakit kulit akibat kotoran dan polusi, kulit terbakar, dan lain sebagainya.
Manfaat yang disebutkan diatas tentulah hanya sebagian kecil saja, karena masih banyak manfaat menutup aurat dengan sempurna yang lainnya. Semoga semakin banyak saudara-saudara kita yang terbuka hatinya untuk menutup auratnya. amiin.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...