Loading...

Tips Lancarkan ASI secara Alami

sumber gambar dari google
Air susu ibu atau yang disebut dengan ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi baru lahir. ASI memiliki kandungan yang luar biasa hebat sehingga tidak ada satupun yang bisa menandinginya. Semua yang ada dalam ASI sangat penting untuk menjaga kesehatan dan tumbuh kembang si kecil, oleh karena itu para orang tua harus berusaha keras dalam memberikan ASi bagi buah hatinya.
Proses menyusui memang tak semudah membalikkan telapak tangan, apalagi bagi ibu baru yang belum memiliki pengalaman bagaimana menyusui. Untuk itu, diharapkan para calon ibu maupun ibu baru mau berusaha menggali informasi tentang menyusui dari ibu-ibu lain yang sudah berpengalaman, majalah, internet, dan lain sebagainya.
Tahukah ibu, ada dua hormon yang mempengaruhi produksi ASI dalam tubuh kita, yakni prolactin dan oksitosin. Hormon prolactin umumnya mempengaruhi produksi ASI, sementara hormone oksitosin sangat berpengaruh terhadap proses keluarnya ASI. Dengan mencukupi asupan nutrisi, otomatis hormon prolactin akan semakin besar dan produksi susu juga semakin banyak. Nah, untuk hormone oksitosin, keberadaannya sangat tergantung pada seberapa sering putting ibu dihisap oleh bayi. Jadi semakin sering dihisap, maka produksi hormone oksitosin akan semakin besar dan ASI menjadi lancar.
Agar kedua hormone tersebut bekerja secara optimal, simak tips berikut ini ya :

1.    Cukupi kebutuhan nutrisi harian Anda.

Konsumsi makanan bergizi seimbang dan baik agar Produksi ASI semakin lancar.(baca juga Makanan dan minuman yang membantu melancarkan ASI)

2.    Sering-sering menyusui, memompa, atau memerah ASI

semakin sering ASI keluar, maka produksi akan semakin banyak. oleh karena itu, jangan lelah untuk terus memberikan ASI pada buah hati.

3.    Hindari stress dan sedih

Stres dan sedih tidak hanya mengganggu kesehatan, tapi juga menyebabkan produksi ASI berkurang. Untuk itu, nikmatilah masa menyusui Anda, jangan sia-siakan dengan memikirkan hal-hal yang membuat Anda sedih dan stress.

4.    Perawatan payudara

Selain factor diatas, ternyata ada satu hal yang bisa menghambat proses menyusui, loh. Yach, perawatan payudara harus dilakukan dari masa kehamilan. Bersihkan payudara dengan air hangat dan kapas sampai bersih dan pori-pori terlihat jelas. Lakukan setiap hari hingga masa menyusui berjalan sukses.
Semoga tips lancarkan ASI secara alami diatas dapat menambah pengetahuan Anda semua. Semoga sukses!

Loading...
Previous
Next Post »
loading...