Loading...

Tips Sukses Menyusui Selama Dua Tahun Penuh

Gambar ambil dari sini
ASI bukan hanya bentuk curahan kasih sayang seorang ibu kepada buah hatinya, tapi juga merupakan wujud kasih sayang Allah kepada seluruh bayi yang terlahir di dunia. Melalui surat cinta_Nya, Allah memerintahkan pada para wanita untuk memberikan hak pertama kepada buah hati yang sudah diamanahkan kepada kita semua, yakni : (Kebiasaan Sehari-Hari yang Dapat Merusak Ginjal)
Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan” (Al-Baqarah [2]: 233)
ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi. Tidak ada satupun di dunia ini yang mampu menandingi ataupun menyamai komposisi dalam ASI. Karena itu, sangat dianjurkan untuk para ibu menyempurnakan penyusuan sebagaimana disampaikan dalam ayat diatas. Bahkan apabila para ibu tidak mampu, maka dia boleh menyusukan anaknya pada orang lain (ibu susu) dengan imbalan yang patut. (Bakar Lemak Saat Tidur dengan 6 Makanan Ini)
Menyusui memang bukan hal yang mudah, apalagi hingga dua tahun lamanya. Butuh keikhlasan dan kesabaran untuk melakukannya, karena menyusui memang melelahkan dan penuh perjuangan. Nah, agar sukses menyempurnakan penyusuan hingga dua tahun, simak tips suksesnya berikut ya : (Awas, Ini 5 Tanda Sayuran Mulai Beracun)

1.    Niatkan sebagai ibadah

Menyusui merupakan salah satu perintah Allah kepada para ibu. Sedangkan kita semua tahu jika segala perintah Allah merupakan ibadah. Untuk itu, lakukanlah dengan ikhlas dan penuh kesabaran agar Allah memberikan balasan yang indah untuk kita. (Basmi Komedo dnegan 6 Makanan Ini)

2.    Mulai merawat payudara sedini mungkin

Salah satu kunci sukses menyusui adalah kesiapan payudara Anda. Rawatlah payudara sedini mungkin, yakni pada masa kehamilan berusia 5-6 bulan. Perawatan payudara selama masa kehamilan memiliki manfaat, antara lain :  menjaga kebersihan putting susu, menguatkan dan melenturkan putting susu, merangsang kelenjar air susu, menyiapkan mental ibu untuk menyusui, mendeteksi kelainan payudara, dan lain sebagainya. Cara merawat payudara agar ASI lancar, antara lain :
a.    Gunakan kapas dan air hangat, kemudian bersihkan putting secara merata sampai pori-pori terlihat.
b.    Lakukan pemijatan lembut menggunakan minyak atau baby oil pada sekeliling payudara
c.    Lakukan senam payudara untuk menguatkan otot dan melancarkan sirkulasi darah
d.    Gunakan bra yang nyaman

3.    Segera berikan ASI setelah proses persalinan (baca tips melancarkan ASI secara alami)

Jangan tunda memberikan ASI pada bayi, sebisa mungkin segera berikan meskipun menurutmu ASImu masih belum keluar. Asal kalian tahu, justru hisapan buah hatimu yang dapat merangsang keluarnya ASI. Terus lakukan dan jangan putus asa, maka ASI lancar bukan lagi impian.
Tapi bagaimana bagi ibu yang menjalani proses persalinan caesar?
Caesar bukan halangan untuk sukses menyusui, kok. Tapi kan pasca caesar, ibu harus menjalani masa pemulihan? Iya benar. Nah, untuk menjaga agar ASI tetap lancar saat masa menyusui berlangsung, maka pada saat masa pemulihan, Ibu bisa memerah ASI untuk diberikan pada buah hati. Memerah ASI dapat merangsang dan meningkatkan produksi ASI. Jadi, pada saat kondisi ibu sudah sehat, ibu bisa langsung menyusui tanpa kendala.

4.    Abaikan masalah kontrasepsi, karena menyusui merupakan KB alami

Menyusui bisa menjadi alat kontrasepsi alami, syaratnya ibu harus memberikan ASI eksklusif (ASI saja, tanpa sufor ataupun makanan tambahan lain). Dengan aktif menyusui, maka otak kecil ibu akan memproduksi hormon prolaktin lebih banyak sehingga menekan masa subur (ovulasi).

5.    Pentingnya dukungan keluarga

Menyusui bukan hal yang mudah, karenanya dukungan dari berbagai pihak, terutama suami sangat menentukan kesuksesan Ibu menyusui. Yang bisa dilakukan suami untuk mendukung ibu menyusui, antara lain : berikan makanan sehat, bergizi, dan halal, curahkan kasih sayang dan perhatian agar ibu menyusui merasa nyaman, ringankan bebannya agar ibu menyusui bisa fokus pada buah hatinya, dan lain sebagainya.

6.    Berbahagialah dan hindari stress

Stress dapat mempengaruhi produksi ASI, karena itu hindarilah. Jadikan masa menyusui menjadi mas paling indah dan membahagiakan dalam hidupmu. Istirahat yang cukup dan jangan memikirkan hal-hal yang membuatmu stres dan tertekan.
Nah, saya kira cukup sampai disini dech, semoga sedikit sharing diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua. Mohon maaf jika ada yang kurang. (baca juga tips sukses menyapih anak)

Loading...
Previous
Next Post »
loading...