Bersabarlah, Karena Wanita Tercipta dari Tulang Rusukmu

Seorang suami memiliki tanggung jawab yang besar terhadap istrinya, karena itu haruslah mengerti dan memahami bagaimana sich cara memperlakukan wanita sesuai tuntunan Rasulullah. Sayangnya, masih banyak para laki-laki diluar sana yang tidak mau mengerti apa sich yang diinginkan wanita, sehingga bukannya menyebabkan istrinya menjadi baik justru membuatnya berontak atau bahkan kabur. Padahal, dari awal Rasulullah sudah mengatakan dalam haditsnya :
" Sesungguhnya wanita diciptakan dari tulang rusuk. Dan sungguh bagian yang paling bengkok dari tulang rusuk adalah yang paling atasnya. Bila engkau ingin meluruskannya, engkau akan mematahkannya. Dan jika engkau ingin bersenang-senang dengannya, engkau bisa bersenang-senang namun padanya ada kebengkokan.“(HR. Al-Bukhori no 3331 dan Muslim no. 3632)

Bagaimana Cara Memperlakukan Wanita?

Karena wanita ingin dimengerti, lewat tutur lembut…..( Sikap terbaik suami pada istrinya)
Begitu lembutnya wanita, sehingga banyak lagu yang berisi tentang bagaimana cara memperlakukan wanita. Benar, wanita sangat ingin dimengerti, karena itu cobalah mengerti dan memahami apa sich yang diinginkan wanita. Dalam islam, Rasulullah memberikan tuntunan dalam mengerti dan memahami wanita, yakni :
Nasihatilah perempuan dengan cara yang baik! Perempuan itu diciptakan dari tulang rusuk, sementara yang paling bengkok itu bagian teratasnya. Jika engkau bersikeras meluruskannya, ia akan patah. Tetapi jika engkau membiarkannya, ia akan bengkok selamanya. Maka nasihatilah perempuan dengan cara yang baik!” (HR Bukhari, Muslim, Ibnu Abi Syaibah, dan Baihaqi)
Menasehati istri dengan cara baik akan membuatnya lebih merasa dimengerti dibandingkan membentak, memaksa, atau menuntutnya. Pada dasarnya wanita itu lembut, karenanya dia amatlah menyukai sifat lembut dan penuh perhatian dari suaminya. Perlakukan istrimu dengan penuh kelembutan, pahamilah maksudnya, dan bersabarlah ketika mendapati kekurangannya

Pasti kalian bingung, kenapa Rasulullah sampai membahas masalah wanita sedetail ini? 

Karena pada dasarnya kedudukan wanita dan laki-laki adalah sama dimata Allah, tapi dalam hal keimanan loh. Dan Rasulullah menghendaki para lelaki bersikap baik dan bersabar pada istrinya. (Alasan mengapa suami harus menyayangi istrinya)
Rasulullah – shollallohu ‘alaihi wa sallam, bersabda : “Sebaik-baik kalian adalah yang terbaik bagi istrinya, dan aku adalah yang terbaik dari kalian bagi istriku.” (Riwayat Tirmidzi)
Maksud wanita dibuat dari rusuk yang bengkok bukan berarti wanita memiliki sifat yang bengkok (jelek), akan tetapi lebih pada fungsinya saja yang berbeda antara laki-laki dan wanita.  Lalu, apa alasan Allah memilih menciptakan wanita dari tulang rusuk yang bengkok dan bukan dari tulang lurus saja?
Lihatlah betapa besarnya fungsi dari tulang rusuk yang bengkok, dimana dia berfungsi sebagai kerangka penyusun dari kekuatan tubuh, karenanya bisa dikatakan bahwa wanita termasuk bagian penting dalam membangun dan menegakkan kehidupan. Dan, dengan tulang rusuk yang bengkok, maka akan banyak fungsi dalam melindungi organ-organ tubuh yang lunak. Demikian halnya dnegan wanita yang berfungsi menjaga anak-anaknya yang lemah dan juga kehidupan keluarganya. (Kesedihan menantu yang dicemburui mertuanya)
Sungguh, bengkoknya wanita bukanlah karena kelemahannya, untuk itu Rasulullah sangat menekankan agar para laki-laki menasihati wanita secara baik-baik untuk menjaga agar hati dan jiwa wanita tidak mudah patah dan tetap semangat dalam menjalankan fungsinya. Tugas wanita demikian berat, karena itu Allah menganugerahkan kekuatan agar mampu mendampingi amanah yang terlahir dari Rahim_Nya. (Kesalahan istri yang dapat mengancam rumah tangganya)

Loading...
Previous
Next Post »
loading...