Pengen Nabung, Tapi Sulit! Ini Tips Sederhana Menghemat Uang

Cinta Putih Zahraa - Pengen nabung, tapi selalu ada kebutuhan yang membuat Anda gagal menabung? Menabung termasuk satu hal penting yang harusnya dilakukan semua orang, karena didalamnya ada banyak manfaat. Namun dikarenakan beberapa alasan sehingga sebagian orang kesulitan menabung sebagian penghasilannya. Padahal dengan menabung, kita bisa merencanakan masa depan yang lebih baik loh. Untuk itulah, disini kita akan membagikan tips sederhana agar Anda bisa menghemat uang sehingga tiap bulan bisa menyisihkan penghasilan untuk menabung. Benarkah Kita Sudah Berada Di Akhir Zaman? Mengejutkan, Ini Beberapa Buktinya 
tips menabung
Penasaran bagaimana caranya, simak langsung tips sederhana berikut ini: Syarat agar Blog Menghasilkan Jutaan Setiap bulannya

•    Hitung penghasilan secara cermat

Mengetahui seberapa besar penghasilan Anda setiap bulan wajib dilakukan untuk memudahkan Anda mengatur keuangan. Hitunglah secara cermat sumber penghasilan/pemasukan Anda secara keseluruhan.

•    Berapa jumlah biaya/pengeluaran Anda

Selain menghitung jumlah penghasilan, jangan lupa untuk merinci juga keseluruhan biasa/pengeluaran Anda setiap bulannya. Tuliskan semuanya dari biaya terkecil sekalipun dan usahakan jangan ada yang terlewat. Jika pada kenyataannya, ada biaya yang bisa dihemat, Anda bisa menyimpannya untuk berjaga jika ada biaya lain yang tiba-tiba membengkak. Namun usahakan untuk konsisten dengan jumlah biaya yang sudha ditetapkan.

•    Jangan lupakan biaya cadangan

Meski sudah menghitung biaya tiap bulan, pastikan untuk tidak lupa menyisihkan juga biaya cadangan. Hal ini diperlukan pada saat ada kebutuhan mendadak sehingga Anda tidak perlu lagi mengutak-atik uang simpanan atau tabungan. Ketika dalam sebulan, ternyata uang cadangan ini tidak terpakai sama sekali, Anda bisa memasukkan dalam tabungan. Lumayan banget khan!

•    Hindari yang namanya hutang

Hutang mungkin bisa membantu Anda memiliki barang-barang impian, akan tetapi tahukah Anda jika hutang bisa memangkas penghasilan Anda dan juga impian untuk menabung. Biasakan menabung dulu, baru membeli barang impian, lupakan hutang karena banyak mudharat didalamnya.

•    Berhematlah

Hemat itu pangkal kaya, itulah pepatah yang harus ditanamkan dalam diri. Ingat! Hemat bukan berarti kita pelit, tapi berhemat disini bisa diartikan tidak menghambur-hamburkan uang hanya untuk sesuatu yang tidak penting. Belilah kebutuhan, bukan keinginan karena keinginanlah yang menghantarkan seseorang berperilaku boros.

•    Berapa sisa penghasilan Anda?

Setelah semua dihitung, berapa sisa penghasilan Anda? Nah, dari sisa tersebut, kita bisa menyisihkan sebagian untuk ditabung. Tak mengapa jika jumlahnya kecil, karena kalau Anda konsisten, yang kecil itupun akan bisa menjadi besar.

•    Tapi bagaimana jika penghasilan pas-pasan dan nggak bisa menabung?

Bersyukur tetap yang utama. Tapi Anda harus paham, bahwa menabung ini bukan untuk siapa, tapi untuk masa depan diri Anda sendiri. Maka ketika penghasilan Anda sendiri sangat pas-pasan dan sulit menabung, sebisa mungkin carilah usaha sampingan yang tidak mengganggu pekerjaan utama Anda. Hasilnya itulah yang bisa Anda masukkan untuk tabungan.

•    Jangan pernah lupa sedekah

Mau berapa banyak penghasilan Anda, tak akan ada keberkahan jika Anda lupa untuk bersedekah. Pastikan sisihkan sebagian penghasilan Anda untuk sedekah kepada keluarga, orang terdekat Anda atau bisa juga untuk kemaslahatan bersama.
Sangat mudah banget khan tipsnya, semoga kita dimudahkan untuk menabung sebagian penghasilan setiap bulannya.

Loading...
Previous
Next Post »