Loading...

Awas! Ini Bahaya Membuang Bangkai Tikus di Jalan

Pernahkah kalian melihat bangkai tikus di jalan raya? Awalnya kita pasti berpikir bahwa tikus tersebut pasti terlindas ketika tanpa sengaja melintas di jalan. Namun bagaimana kalau jumlahnya lebih dari satu? Bagaimana kalau bangkai tikusnya dimasukkan kedalam kantung plastik? Pasti ada oknum yang sengaja membuang bangkai tersebut di jalan, bukan? (Mengapa Rasulullah menyukai kucing?)
Memang sich, tikus itu binatang pengganggu, namun alangkah lebih bijaknya jika mereka menguburkan bangkai tikus. Sayangnya, banyak yang belum memiliki kesadaran dan kepedulian tinggi terhadap sesama, sehingga membuang tikus di jalanan tetap menjadi cara yang tepat untuk melampiaskan kekesalan mereka pada binatang pengerat ini. Dengan sengaja membuang bangkai tikus di jalan, apakah mereka tidak berpikir, betapa besarnya bahaya yang ditimbulkannya? (Tips ampuh mengusir binatang penyebar penyakit)
Menurut penelitian, bangkai tikus dapat menularkan berbagai penyakit berbahaya, diantaranya leptospirosis yang disebabkan kuman leptospira dari tikus yang mati. Kuman Leptospira bisa menyebar dengan mudah melalui aliran sungai, selokan dan lain sebagainya. Kuman leptospira biasa masuk melalui beberapa organ tubuh manusia, antara lain : kulit yang terluka, selaput lendir tenggorokan dan mata. Biasanya penyakit leptospirosis memiliki gejala, antara lain : demam mendadak, pegal otot dan kulit kemerahan. (Tips sehat hadapi musim pancaroba)
Didalam tubuh manusia, kuman leptospira akan masuk ke jaringan tubuh dan menghasilkan enzim tertentu yang bisa masuk kedalam organ-organ vital, seperti : otak, hati, jantung, dan organ lainnya. Kerusakan parah yang ditimbulkan kuman leptospira dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu, penderita penyakit leptospirosis harus segera mendapatkan penanganan agar proses pengobatan bisa dilakukan. (Khasiat labu kuning bagi kesehatan)
Selain menyebabkan penyakit Leptospirosis, berikut ini bahaya bangkai tikus yang harus Anda ketahui :

•    Bahaya bau bangkai tikus

Bau bangkai yang menyengat pasti mengganggu semua orang yang melintas. Selain itu juga dapat menyebabkan gangguan pernafasan, mual, dan pusing.

•    Bahaya isi perut tikus yang berserakan

Bangkai tikus yang terlindas kendaraan akan menyebabkan isi perutnya terbuka dan berserakan di jalan. Betapa bahayanya apabila bakteri tersebut tertiup angin. Apalagi jika terlindas roda kendaraan kita yang nantinya di parkir didalam rumah.

•    Kuman yang terbawa arus banjir

Membuang tikus di jalan pada musim hujan akan membuat kuman dan bakteri dalam bangkai tersebut menyebar dan terbawa arus banjir. Biasa dibayangkan bagaimana kalau anak-anak kita bermain hujan-hujanan, pasti akan terjangkit kuman tersebut.

•    Makanan yang terkontaminasi bangkai tikus

Bangkai tikus yang di buang sembarangan sangat membahayakan, apalagi jika di sekitar bangkai tikus ada penjual makanan. Apakah tidak mungkin makanan tersebut akan terkena udara yang bercampur dengan bakteri dari bangkai tikus.
Nah, selain merugikan diri sendiri, membuang bangkai tikus di jalan juga merugikan orang lain, bukan?


Loading...
Previous
Next Post »
loading...